H Subandi Nonton Lansia Asyik Main Dakon saat Pengukuhan Kampung Olahraga di Wonoayu

Editor: Fathur Roziq

4 September 2024 01:13 4 Sep 2024 01:13

Thumbnail H Subandi Nonton Lansia Asyik Main Dakon saat Pengukuhan Kampung Olahraga di Wonoayu Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi menyaksikan dua lansia main dakon di Balai Desa Jimbaran Wetan, Kecamatan Wonoayu, pada Senin pagi (2/9/20024). Mereka senang. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Suasana Balai Desa Jimbaran Wetan, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, begitu semarak. Senin (2/9/2024), anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia asyik bermain. Beragam permainan disiapkan. Mereka senang.

Senin pagi itu banyak warga hadir di acara pengukuhan Kampung Olahraga Masyarakat Desa di Jimbaran Wetan. Ada senam. Ada beragam permainan tradisional. Terlihat di tengah warga Plt Bupati Sidoarjo H Subandi. Ada pula Ketua Kormi Kabupaten Sidoarjo Hadi Sutjipto.

H Subandi duduk berjongkok bersama Camat Wonoayu Imam Mukri Afandi. Rupanya, dua pejabat Kabupaten Sidoarjo tengah asyik menyaksikan dua lansia sedang bermain dakon. Keduanya sudah nenek-nenek.

Permainan dakon itu adalah kebiasaan mereka sejak masih anak-anak. Jadi, tidak ada rasa canggung saat memainkannya saat sudah lansia. Mereka suit. Tanda mainan dakon dimula. Lalu tertawa terkekeh. Satu demi satu butiran biji dakon warna-warni dimasukkan ke lubang.

Dua lansia itu semakin senang karena H Subandi duduk begitu dekat. Memberikan semangat. Bagi lansia, permainan dakon ini memiliki berbagai manfaat. Di antaranya, menjaga kesabaran, konsentrasi, serta kemampuan berpikir. Permainan dakon bisa menjadi terapi bagi para lansia. Agar selalu sehat dan bahagia.

”Saya ingin seluruh masyarakat selalu sehat. Imunnya meningkat dengan kegiatan olahraga masyarakat. Pemerintah daerah akan terus men-support Kampung Olahraga Masyarakat Desa,” ungkap H Subandi.

Foto Plt Bupati Sidoarjo H Subandi bersama emak-emak di Desa Jimbaran Wetan, Wonoayu. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)Plt Bupati Sidoarjo H Subandi bersama emak-emak di Desa Jimbaran Wetan, Wonoayu. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

H Subandi mengatakan, Kecamatan Wonoayu menjadi kecamatan kedua yang seluruh desanya menyatakan diri sebagai Kampung Olahraga Masyarakat Desa. Sebelumnya, kampung olahraga ini sudah terwujud di seluruh desa se-Kecamatan Sedati.

Dia berharap desa-desa lain juga menjadi penggerak olahraga masyarakat. Bersama-sama Kormi (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) Sidoarjo menghidupkan kembali olahraga tradisional di masyarakat.

Pengukuhan Kampung Olahraga Masyarakat Desa secara masal ini adalah yang kedua. Setelah desa se-Kecamatan Sedati langsung disusul oleh desa se-Kecamatan Wonoayu. Ini ada permintaan dari Kecamatan Prambon. Alhamdulillah.

H Subandi berharap kampung olahraga bisa terwujud di semua desa di Sidoarjo. Ada 23 desa di Kecamatan Wonoayu yang sudah menyatakan diri sebagai Kampung Olahraga Masyarakat Desa.

Ketua Kormi Kabupaten Sidoarjo Hadi Sutjipto bersyukur organisasinya mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah. Dengan dukungan tersebut, program memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat bisa semakin masif.

”Olahraga masyarakat akan terus dihidupkan dan semakin digencarkan. Seperti permainan gobak sodor, pathil lele, sampai dakon,” ungkap mantan Wakil Bupati Sidoarjo tersebut.

Kehadiran H Subandi dan Hadi Sutjipto bersama Kormi mendapatkan sambutan meriah. Anggota PKK Desa Jimbaran Wetan sampai komunitas olahraga masyarakat berduyun-duyun datang. Mereka bermain egrang, dakon, gobak sodor, serta menyaksikan hiburan tari ular.

”Kami sangat berharap kegiatan-kegiatan olahraga di masyarakat semakin tumbuh dan berkembang. Senam bersama ini tidak hanya menyehatkan, namun juga meningkatkan keguyuban antarwarga,” ungkapnya.

H Subandi menambahkan, kegiatan olahraga bersama seperti ini menimbulkan efek positif yang berganda. Selain sehat, guyub rukun, kegiatan ekonomi juga tumbuh. Masyarakat yang memiliki usaha dapat mengenalkan produknya secara luas.

”Kegiatan olahraga bersama seperti ini akan menumbuhkan UMKM-UMKM,” tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Sidoarjo Plt Bupati Sidoarjo H Subandi H Subandi KORMI Sidoarjo Kampung Olahraga Kormi Sidoarjo Kecamatan Wonoayu Camat Imam Mukri olahraga tradisional