Hari Pustakawan, Puteri Indonesia Gorontalo 2023 Ungkap Pentingnya Literasi

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

6 Juli 2023 07:49 6 Jul 2023 07:49

Thumbnail Hari Pustakawan, Puteri Indonesia Gorontalo 2023 Ungkap Pentingnya Literasi Watermark Ketik
Puteri Indonesia Gorontalo 2023, Anneu Anggraeni Putri

KETIK, CIANJUR – Hari Pustakawan biasa diperingati setiap 17 Juli menjadi fokus dan sorotan Puteri Indonesia Gorontalo 2023, Anneu Anggraeni Putri. Ia menuturkan pentingnya literasi bagi masyarakat khususnya kaum millenial.

Anneu mengatakan, saat sekolah dirinya memahami pentingnya peranan pustakawan, bukan hanya mencari dan mengelola perpustakaan. Mengingat perannya cukup banyak membimbing pembaca untuk berpikir kritis di setiap informasi yang mereka cari. "Serta menarik minat orang-orang untuk membaca dan mengenal luas dunia lewat informasi yang disajikan," kata Anneu kepada wartawan melalui pesan tertulis, Kamis (6/7/2023).

Menurut pemilik akun Instagram @anneu_aputri, saat ini hampir semua millenial berpegang informasi pada gadget dibandingkan mencari buku untuk mereka baca. Padahal kalau mereka tahu pentingnya membaca, hal itu bisa membantu kita semua untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir, terampil dan konsentrasi. 

"Oleh sebab itu penting sekali mengajak millenial menanamkan keyakinan tentang membaca, dan bukan lagi untuk memenuhi kewajiban, tapi menjadi bagian dari aktivitasnya yang tidak bisa ditinggalkan," ujar Anneu yang bekerja sebagai entrepreneur, profesional model, dan talent commercial.

Lantas ia juga menerangkan, salah satu alasan kenapa minat membaca memudar, dikarenakan ada beberapa perpustakaan yang masih berkesan membosankan dan tidak mengikuti perkembangan zaman saat ini. 

"Kini sangat memungkinkan adanya perpustakaan digital, mengadakan seminar atau berbagai kegiatan untuk menarik minat membaca serta sarana fasilitas dalam membaca seperti cafe resto atau apapun tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk membaca," imbuhnya.

Oleh karena itu, secara khusus Anneu mengajak masyarakat dan generasi millenial untuk terlibat aktif dalam bersosialisasi dan saling memotivasi setiap orang, guna menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca. 

"Karena hal ini dapat membawa manfaat yang tentunya berpengaruh besar atas kehidupan kita. Menjadi generasi yang cerdas dalam memanfaatkan teknologi namun tidak melupakan pentingnya membaca," tutupnya dengan nada semangat dan percaya diri. (*)

Tombol Google News

Tags:

Puteri Indonesia Gorontalo 2023 Anneu Anggraeni Putri literasi Hari Pustakawan Membaca buku