Hari Santri Nasional 2024, Pj Wali Kota Batu: Pentingnya Generasi Muda Asah Potensi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

22 Oktober 2024 19:30 22 Okt 2024 19:30

Thumbnail Hari Santri Nasional 2024, Pj Wali Kota Batu: Pentingnya Generasi Muda Asah Potensi Watermark Ketik
Pj Wali Kota Aries Agung Paewai menyampaikan sambutan upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 di Balaikota Among Tani, Selasa 22 Oktober 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Aries Agung Paewai menyampaikan apresiasi atas kontribusi para santri dalam berbagai bidang, serta memberikan motivasi agar generasi muda terus mengasah potensi diri.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutan sebagai pemimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 di Balaikota Among Tani, Selasa 22 Oktober 2024. 

Dikatakannya, santri tidak hanya dikenal sebagai generasi yang religius, tetapi juga memiliki intelektualitas yang tinggi. 

"Saya berharap, para santri dapat menjadi generasi emas yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujar Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Aries menegaskan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren. Hari Santri adalah milik semua golongan. Hari Santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya.

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan momen untuk mengenang peran penting santri dan pesantren dalam sejarah perjuangan bangsa, khususnya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Tahun ini, Hari Santri Nasional mengusung tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan," terangnya.

Aries menyebutkan bahwa peringatan Hari Santri merupakan momentum untuk mengenang jasa para santri yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan santri adalah dikeluarkannya Resolusi Jihad oleh Nahdlatul Ulama pada 22 Oktober 1945. Resolusi tersebut menjadi seruan bagi umat Islam untuk melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Sejarah mencatat bahwa kaum santri adalah kelompok yang paling aktif dalam menggelorakan perlawanan terhadap penjajah," tegasnya.

Ia juga mengingatkan para santri bahwa masa depan Indonesia berada di tangan mereka. Santri diharapkan bisa terus berperan aktif dalam membangun bangsa. Aries mencontohkan tokoh santri seperti Presiden ke-4 RI, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, mampu memimpin bangsa dengan nilai-nilai keagamaan yang kuat.

"Resolusi Jihad yang dipimpin oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menegaskan bahwa melawan penjajah adalah kewajiban bagi setiap Muslim," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Hari Santri Nasional Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai generasi muda Pemkot Batu Kota Wisata Batu Kwb