Hias Pot dengan Teknik Tissue Decoupage, Peluang Usaha Baru Warga Palembang

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Millah Irodah

25 Oktober 2024 16:52 25 Okt 2024 16:52

Thumbnail Hias Pot dengan Teknik Tissue Decoupage, Peluang Usaha Baru Warga Palembang Watermark Ketik
Puluhan perempuan warga Kelurahan Kemang Manis, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang menghias pot dengan teknik tissue decoupage. (Foto: Bubun Kurniadi/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Puluhan perempuan warga Kelurahan Kemang Manis, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang mengikuti pelatihan menghias pot menggunakan teknik tissue decoupage.

Tissue decoupage merupakan seni menghias suatu objek-- dalam hal ini pot-- dengan menempelkan tisu ke objek tersebut untuk mendapatkan motif yang diinginkan.

Pelatihan ini diajarkan langsung oleh tim usulan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengabdian Mitra Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palembang tahun 2024 yang diketuai oleh peneliti Sherly Marliasari, Kurnia Saputri, dan Weam Kisa Wulandari.

Sebanyak 30 peserta yang terdiri dari ibu rumah tangga dan remaja putri warga Kemang Manis, termasuk lurah dan staf kantor, antusias mengikuti pelatihan itu. 

Salah satu peneliti, Kurnia Saputri mengatakan, kegiatan PKM kali ini mengajak masyarakat untuk menggunakan kreativitasnya dalam menghias pot-pot.

"Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan menghias pot menggunakan teknik tissue decoupage kepada masyarakat agar lebih kreatif," Kata Kurnia, Jumat 25 Oktober 2024.

Kurnia menjelaskan bahwa tissue decoupage adalah seni dekoratif yang melibatkan penempelan potongan kertas berdesain pada permukaan objek, kemudian melapisinya dengan pernis atau sealant untuk menciptakan tampilan yang halus dan seperti dilukis.

Menurutnya, teknik ini telah populer akhir-akhir ini di kalangan perajin dan penggiat Do-It-Yourself (DIY) karena kesederhanaannya dan hasil yang indah.

"Teknik ini telah menjadi populer di kalangan perajin dan penggiat DIY karena kesederhanaannya dan kemampuan untuk mengubah barang sehari-hari menjadi karya seni yang indah," kata dia.

Kurnia berharap melalui kegiatan ini masyarakat bisa berkreasi dan membuka peluang usaha baru dari keterampilan yang diajarkan.

"Semoga pelatihan yang kami berikan ini dapat bermanfaat buat masyarakat," tutupnya.

Tombol Google News

Tags:

Pot kreasi tissue decoupage seni kriya usaha mandiri Palembang warga