Hindari Kerugian, Toko Kelontong Kota Malang Dapat Pelatihan Manajemen Retail dari Alfamart

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

8 Juni 2024 09:15 8 Jun 2024 09:15

Thumbnail Hindari Kerugian, Toko Kelontong Kota Malang Dapat Pelatihan Manajemen Retail dari Alfamart Watermark Ketik
Pelatihan kepada pemilik toko kelontong Balearjosari oleh Alfamart. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Puluhan pelaku usaha Toko Kelontong di Kelurahan Balearjosari, Kota Malang mendapatkan pelatihan manajemen retail dari Alfamart, Sabtu (8/6/2024). Pelatihan tersebut salah satunya untuk menghindari toko kelontong mengalami kerugian.

Corporate Communications (Corcom) PT. Sumber Alfaria Trijaya Regional Manager (Alfamart), M Faruq Asrori menjelaskan penting bagi toko kelontong memahami manajemen keuangan. Menurutnya sering terjadi situasi dimana pemilik toko memberikan barang dagangannya secara gratis kepada kerabat dekat saat berkunjung.


"Banyak sekali toko kelontong kalau kerabat datang dikasih permen, ada tamu dikasih rokok atau barang dari toko tapi setelah mau kulakan uangnya habis. Kalau toko modern siapapun yang datang beli air mineral satu botol pun akan dibayar. Itu contoh manajemen keuangan," ujar Faruq.

Pemilik toko kelontong juga diberikan pemahaman terkait pentingnya mendisplay barang yang rapih dan teratur. Tampilan toko kelontong yang demikian dapat membuat pembeli membeli lebih banyak jenis barang belanjaan sehingga menguntungkan toko.

"Barang itu dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Kalau di depan ada air mineral sama detergent tempatnya bersebelahan ya jangan. Kan itu zat kimia, kalau kena matahari pasti bisa merubah rasa dan sebagainya. Banyak stiker promo yang gak berlaku tapi masih dipasang juga membuat tidak menarik," jelasnya.

Faruq menjelaskan bahwa selama ini Alfamart telah sering mengadakan pelatihan bagi masyarakat di Kota Malang. Hal tersebut sesuai visi Alfamart untuk tumbuh dan berkembang bersama pelaku usaha kecil.

Sejalan dengan visi tersebut Alfamart kini mempunyai program Alfamind yang memungkinkan masyarakat dapat memiliki penghasilan tambahan sebagai pemilik toko virtual.

"Kita punya Alfamind, itu bisnis online yang dikelola dan yang dijual gak hanya produk di Alfamart tapi juga ada elektronik, mebel, dan lainnya. Dengan jadi member Alfamind kita bisa selayaknya punya toko Alfamart. Itu cocok dengan era sekarang," ucapnya.

Sementara itu Ketua LPMK Balearjosari, Sayidin Mustofa menjelaskan terdapat 50 pemilik Toko Kelontong yang terlibat dalam pelatihan itu. Menurutnya kehadiran Alfamart di Balearjosari mampu mengubah mindset ekonomi masayrakat.

"Selama ini masyarakat tidak tersentuh pembinaan. Ketika ada sebuah pembiaran terkait aktivitas perekonomiannya, hadirnya Alfamart menjadi mitra kami untuk membina UMKM dan usaha kecil serta toko kelontong di Balearjosari," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Alfamart toko kelontong Balearjosari Kota Malang Retail Modern