Ikuti Cara Ini Agar Mobil Matic Kuat Melewati Tanjakan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 Maret 2024 08:12 23 Mar 2024 08:12

Thumbnail Ikuti Cara Ini Agar Mobil Matic Kuat Melewati Tanjakan Watermark Ketik
Ilustrasi memindahkan transmisi otomatis. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Mengendarai mobil matic memang lebih menyenangkan dibanding mengendarai mobil manual. Mobil matic terkenal akan kepraktisannya karena pengendara hanya tinggal menginjak pedal gas saja tanpa perlu pedal kopling untuk membuat mobil melaju.

Akan tetapi di balik kemudahan yang ditawarkan mobil matic, tentunya mobil matic juga memiliki kekurangan terutama di jalan tanjakan. Saat menanjak banyak pengendara yang panik karena mobil matic rentan kehilangan tenaga.

Berbeda dengan mobil manual, pengendara hanya perlu menyeimbangkan gas dengan kopling. Saat berada di tanjakan, pengendara harus memasukan ke gigi 'L' maka mesin akan menghasilkan torsi yang lebih besar. Jadi gigi 'L' pada mobil matic serupa dengan gigi '1' di mobil manual.

Sebetulnya terdapat beberapa cara untuk melewati tanjakan saat menggunakan mobil matic. Dikutip dari Auto2000, terdapat tiga cara untuk menjalankan mobil matic di tanjakan. Berikut tipsnya.

1. Pindahkan gigi D ke L

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, cara agar mobil matic bisa melewati tanjakan adalah dengan memindahkan transmisi dari D ke L. Dengan perpindahan ke gigi L mesin akan menghasilkan torsi yang lebih besar sehingga mobil akan kuat menanjak.

2. Injak gas secukupnya

Langkah kedua yang harus dipahami pengendara adalah untuk menginjak gas sesuai kebutuhan. Jika tanjakan yang kamu lewati terbilang cukup curam maka jangan ragu ragu untuk menginjak pedal gas dalam dalam dengan cara mengambil ancang ancang terlebih dahulu sebelum melewati tanjakan.

Dengan mengambil ancang-ancang terlebih dahulu mobil akan memiliki momentum untuk mengumpulkan tenaga guna melewati tanjakan yang curam.

3. Jangan injak rem saat pindah gigi

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengendara mobil matic adalah memindahkan gigi sampil menginjak pedal rem. Hal ini merupakan cara yang salah, saat memindahkan gigi kamu hanya perlu melepas pedal gas saja tanpa perlu menginjak pedal rem.

Yang terpenting yakni pindahkan gigi secara bertahap jangan lakukan dengan sekaligus. Apabila transmisi sebelumnya berada di posisi 'D', yang perlu dilakukan adalah memindahkannya ke gigi '2' sebelum masuk ke gigi 'L' untuk melewati tanjakan curam.(*)

Tags:

otomotif mobil matic transmisi otomatis tanjakan torsi pedal gas