Ikuti Peluncuraan Aplikasi Literasi Permata, Bupati Asahan Sampaikan Pesan Ini

Jurnalis: Ilham Manday
Editor: M. Rifat

3 September 2024 16:21 3 Sep 2024 16:21

Thumbnail Ikuti Peluncuraan Aplikasi Literasi Permata, Bupati Asahan Sampaikan Pesan Ini Watermark Ketik
Pj Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni menandatangani peresmian peluncuran aplikasi Literasi Permata, 3 September 2024. (Foto : Diskominfo Asahan)

KETIK, ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Asahan mengikuti peluncuran aplikasi Literasi Permata di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Sumater Utara, Selasa, 3 September 2024. 

Peluncuran Aplikasi ini dilakukan oleh Pj Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni disaksikan, rombongan DWP Sumut, Forkopimda Sumut, Organisasi dan pengurus perpustakaan se-Sumut, serta seluruh pimpinan OPD Sumut, dan undangan lainnya.

"Aplikasi Literasi Permata ini merupakan salah satu layanan terintegrasi perpustakan bersama, guna mempermudah masyarakat untuk meminjam buku dari perpustakaan di Sumut. Peminjaman buku menggunakan aplikasi ini tanpa melihat jarak. Pengguna aplikasi ini tinggal mencari buku melalui aplikasi literasi permata, tanpa mengenal jarak" ujar Fatoni.

Fatoni berharap melalui kehadiran aplikasi ‘Literasi Permata’ dapat memudahkan masyarakat dalam peminjaman buku, baik secara manual maupun online. Buku yang tersedia pada aplikasi ini cukup banyak, yakni sekitar 190.000 buku. 

"Untuk itu, mari kita sosialisasikan peminjaman buku melalui aplikasi online. Ini memudahkan agar buku dekat dengan kita. Dengan demikian budaya literasi juga terwujud secara luas," kata Fatoni.

Di tempat terpisah Bupati Asahan, H. Surya mengatakan, aplikasi ini sangat membantu masyarakat untuk meminjam buku dari jarak yang jauh dan dapat mengetahui buku-buku apa saja yang dimiliki oleh Aplikasi Literasi Permata ini. 

"Jadi masyarakat dapat menikmati layanan perpustakaan secara adil dan beradab dari mana saja," ungkapnya.

Bupati berharap, dengan aplikasi ini masyarakat Kabupaten Asahan dapat meningkatkan Sumber Dayanya sekaligus meningkatkan kegemaran dalam membaca buka.

H Surya juga mengatakan, dengan membaca kita akan menambah pemgetahuan yang kita miliki. Karena dengan membaca kita telah membuka jendela dunia.

"Dan dengan literasi ini diharapkan dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia dan meningkatkan masyarakat gemar membaca," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Peluncuran Aplikasi Literasi Permata Pj Gubernur Sumut Pengukuhan Bunda Literasi Sumut Provinsi Sumatera Utara Pemkab Asahan Bupati Asahan Agus Fatoni H. Surya Aula Raja Inal Siregar