Ini 3 Finalis Lomba Desa dan Kelurahan Kota Batu 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

27 Februari 2024 08:55 27 Feb 2024 08:55

Thumbnail Ini 3 Finalis Lomba Desa dan Kelurahan Kota Batu 2024 Watermark Ketik
Tim penilai melakukan verifikasi lapangan Lomba desa kelurahan kota Batu 2024. (Foto: Pemkot Batu)

KETIK, BATU – Satu desa dan 2 kelurahan di Kota Batu berhasil masuk dalam tiga besar lomba desa dan kelurahan Kota Batu tahun 2024. Yakni Kelurahan Sisir, Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu dan Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji.

Ketiganya berhasil masuk tiga besar setelah lolos seleksi administrasi. Begitu juga, tim penilai telah melakukan penilaian lapangan ke 1 desa dan 2 kelurahan tersebut. 

"Tim penilai lapangan melakukan cross check, apakah data yang ada di Prodeskel dan Epdeskel sama seperti yang ada di lapangan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, Aditya Prasaja, Selasa (27/2/2024).

Aditya menjelaskan, lomba desa kelurahan Kota Batu tahun 2024, diselenggarakan dalam rangka evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2024. Perlindungan ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Tahap I penilaian administrasi, tahap II penilaian paparan dan video Youtube dan tahap III untuk klarifikasi lapangan. Klarifikasi lapangan ini merupakan proses verifikasi lapangan untuk mencocokkan antara administrasi dan kondisi riil di lapangan.

"Selepas tinjau lapang ini, masih ada beberapa tahapan penilaian. Yakni desa atau kampung kelurahan yang masuk tiga besar harus memaparkan di depan panelis," jelasnya.

Aditya menjelaskan, lomba desa kelurahan tahun 2024 ini merupakan penjabaran dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. 

Tim penilai akan melakukan penilaian kinerja desa dan kelurahan. Dalam melaksanakan tugas fungsi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Dari sini pula diketahui, bagaimana capaian kelurahan dan desa dalam satu tahun.  

"Tim penilai, juga melakukan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah, bersama masyarakat desa atau kelurahan yang bersangkutan," ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu lomba desa DESA kelurahan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1