Ini Daftar Mobil di Indonesia dengan Rating Keselamatan Bintang 5 ASEAN NCAP

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

19 Maret 2023 05:46 19 Mar 2023 05:46

Thumbnail Ini Daftar Mobil di Indonesia dengan Rating Keselamatan Bintang 5 ASEAN NCAP Watermark Ketik
Putri Indonesia NTT 2022 Breldy Angela berpose dengan Honda WR-V, salah satu mobil dengan nilai 5 bintang ASEAN NCAP. (Foto: IG Honda Kupang Indah)

KETIK, JAKARTA – Penilaian ASEAN New Car Assessment Program atau ASEAN NCAP, menguji dan memberikan rating keselamatan mobil-mobil yang dijual di wilayah Asia Tenggara termasuk yang dijual di Indonesia.

Adrianto Sugiarto Wiyono, ASEAN NCAP Technical Committee, mengatakan, saat ini cukup banyak mobil yang dipasarkan di Indonesia memiliki rating lima bintang yaitu predikat mobil dengan nilai keselamatan paling tinggi.

"Ini data dari NCAP dari 2020-2023 itu mobil yang dipasarkan di Indonesia dan diuji di ASEAN yang dapat 5 bintang ada 15 mobil, dan yang 4 bintang hanya 1 sampai hari ini," kata Rian di acara Vehicle Safety Course di Politeknik APP Jakarta.

Dari data tersebut, Rian mengatakan sebetulnya para manufaktur alias produsen mobil cukup agresif untuk terus meningkatkan fitur keselamatan yang dijual untuk umum.

"Artinya dari manufaktur sudah sangat peduli untuk meningkatkan keselamatan kendaraannya. Meningkatkan fitur keselamatan demi melindungi kostumer, melindungi manusia, ini salah satu bentuk manufaktur peduli terhadap keselamatan," tambahnya dilansir Kompas.com.

Para produsen mobil tahu apa saja kesalahan yang biasa dilakukan pengemudi. Sehingga di mobil-mobil terbaru disematkan fitur yang mampu meminimalisir kesalahan atau bahkan mencegah kecelakaan.

"Manufaktur membuat atau mengembangkan, manusia ini punya human error, kesalahan seperti apa dan saat punya kesalahan dibuatlah kendaraan seperti ini," kata Rian.

Berikut Daftar Penilai ASEAN NCAP untuk Mobil yang dijual di Indonesia:

5 Bintang
1. Toyota Innova
2. Toyota Fortuner
3. Toyota Corolla
4. Toyota Hilux
5. Toyota Veloz
6. Honda WR-V
7. Honda HR-V
8. Honda BR-V
9. Honda Civic
10. Honda Accord
11. Honda City
12. Isuzu DMax
13. Isuzu Mux
14. Mitsubishi Outlander
15. Hyundai Creta.(*)

Tombol Google News

Tags:

ASEAN NCAP mobil Honda Toyota Hyundai Keselamatan