Inilah 3 Hal yang Membuat Cat Kendaraan Tampak Kusam

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

31 Desember 2023 00:28 31 Des 2023 00:28

Thumbnail Inilah 3 Hal yang Membuat Cat Kendaraan Tampak Kusam Watermark Ketik
Ilustrasi merawat cat kendaraan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Memiliki kendaraan dengan tampilan cat yang berkilau dan tahan lama adalah impian semua orang. Namun seiring berjalannya waktu, akan kehilangan kilaunya.

Tampilan cat yang kusaam akan membuat tampilan kendaraan menjadi kurang menarik. Hal ini bisa saja disebabkan karena faktor cuaca atau kesalahan dari pemilik kendaraan. 

Berikut beberapa hal yang membuat cat kendaraan tampak kusam:

1. Sinar Matahari

Sinar matahari dapat membuat tampilan cat di kendaraan menjadi kusam. Hal ini karena sinar matahari mengandung cahaya ultraviolet yang sangat tinggi.

Sinar ultraviolet akan membuat cat menjadi kusam secara perlahan. Oleh sebab itu apabila berencana untuk memarkir kendaraan dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk memilih tempat yang teduh.

2. Air hujan

Banyak yang memandang sepele air hujan, padahal air hujan tidak kalah bahayanya dibandingkan dengan sinar matahari. Saat kendaraan terkena air hujan dan dibiarkan mengering akan memunculkan water spot yang akan memicu timbulnya jamur.

Dengan timbulnya jamur akan membuat cat kendaraan menjadi kusam dan tidak bercahaya. Untuk mengindari hal tersebut sebaiknya segera keringkan kendaraan setelah digunakan saat cuaca hujan. 

3. Shampoo kendaraan

Fakta ini mungkin cukup mencengangkan. Ternyata mencuci kendaraan dengan shampoo dapat membuat cat menjadi kusam. Salah satu penyebabnya adalah kandungan detergen yang cukup tinggi dan bisa mengurangi kilap kendaraan dan membuatnya tampak kusam.

Oleh sebab itu saat mencuci mobil dengan shampoo, pilih yamg dibuat khusus untuk kendaraan. Hal ini karena shampoo khusus kendaraan dibuat dengan kandungan PH yang netral.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif cat kendaraan Perawatan sinar matahari air hujan Shampoo kendaraan