'Istana Negara' Jadi Sekolah Edukasi Alam

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

9 September 2023 11:45 9 Sep 2023 11:45

Thumbnail 'Istana Negara' Jadi Sekolah Edukasi Alam Watermark Ketik
Tampak depan bangunan sekolah Pelita Hati School di kawasan City Forest and Farm (Foto: City Forest and Farm)

KETIK, JEMBER – Di Kabupaten Jember, Jawa Timur ada yang istimewa karena dua 'Istana Negara' berdiri megah di wilayah yang dikenal sebagai sentra produksi tembakau itu. Apakah Anda tahu?

Salah satunya, sebuah sekolah di Kabupaten Jember, yang mencuri perhatian dengan gedungnya yang tak biasa. Sekolah tersebut berada di kawasan Jember City Forest and Farm, tepatnya di Jalan Koptu Berlian Nomor 88 A, Kecamatan Sumbersari.

Sekolah bernama Pelita Hati School adalah sekolah berbasis internasional yang memiliki arsitektur gedung mirip Istana Kepresidenan yang dibangun oleh HM Arum Sabil. Di bagian depan bangunan yang didominasi warna putih itu juga terpampang lambang negara Burung Garuda. Tiang-tiang penyangga bangunan itu pun mirip dengan Istana Negara di Jakarta.

Bukan hanya arsitektur gedung yang tak biasa, kurikulum pembelajaran yang diterapkan juga inovatif. Sesuai dengan namanya City Forest and Farm, anak-anak diajak untuk mengenal alam lebih dekat.

Sekolah dengan gedung serba putih tersebut, dikelilingi bukit, persawahan, pohon-pohon dan tanaman hijau yang asri. Sesuai dengan nama yang diberikan oleh Arum Sabil. 

“Saya kasih nama City Forest and Farm, forest adalah hutan dan farm adalah pertanian tentu ada peternakan,” urainya saat ditemui wartawan Ketik.co.id di kediamannya.

Sebagai orang yang menggeluti bidang pertanian, dirinya khawatir jika anak-anak generasi penerus bangsa tidak mengerti betul pentingnya alam sebagai ekosistem kehidupan.

“Akhirnya saya juga mendirikan sekolah di situ. Harapannya anak-anak yang sekolah agar lebih dekat dengan alam,” ungkap Arum.

Arum Sabil mengistilahkan City Forest and Farm merupakan simbiosis mutualisme. “Hutan itu menyimpan air, menjaga longsor dan bencana, mempertahankan mata rantai kehidupan, ekosistem terjaga. Sementara ada farm, itu juga bagian berkelanjutan ada pertanian dan peternakan untuk manusia,” lanjutnya.

Dengan harapan, Pelita Hati School dapat mencetak generasi penerus yang jenius. “Anak-anak ini kita ajarkan bukan hanya ahli bidang akademik, tapi yang paling penting implementasi ilmu di alam,” tuturnya.

Soal gedung sekolah bak istana, Arum Sabil mengatakan bahwa arsitektur bangunan itu sebuah seni. Menurutnya, gedung Pelita Hati School merupakan miniatur Istana Negara, yang ditempati oleh orang-orang pilihan dan terpilih.

Sekolah tersebut, lanjutnya, juga dibangun dengan doa dan menjadi kebanggaan bagi anak-anak. White Campus tersebut adalah mimpi bagi anak-anak bahwa kelak akan menjadi pemimpin.“Dari Jember, bukan hanya untuk Indonesia tapi juga dunia,” tutup Arum Sabil.(*)

Tombol Google News

Tags:

City Forest and Farm Pelita Hati School Jember Sekolah Internasional edukasi alam