Jangan Asal Dimasak! Ini Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Diolah Menggunakan Air Fryer

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 Maret 2024 22:08 30 Mar 2024 22:08

Thumbnail Jangan Asal Dimasak! Ini Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Diolah Menggunakan Air Fryer Watermark Ketik
Air Fryer. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Kehadiran air fryer sebagai alternatif baru dalam memasak makanan banyak menolong para ibu dalam menyiapkan aneka hidangan untuk keluarga.

Selain itu memasak dengan air fryer juga dipandang lebih sehat karena tidak menggunakan tambahan minyak.

Air fryer merupakan alat yang memiliki sistem pemasakan dengan udara panas yang dari elektromagnetik. Akan tetapi di balik kelebihannya itu ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak dengan menggunakan air fryer.

Bahkan, ada beberapa makanan yang secara khusus dilarang untuk dimasak dengan menggunakan air fryer.

Dilansir dari beragam sumber, berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer.

1. Makanan bertepung

Makanan bertepung merupakan salah satu makanan yang tidak bisa dimasak dengan air fryer. Hal ini lantaran air fryer akan membuat makanan berlapis tepung menjadi lembek. makanan dengan adonan tepung harus digoreng hingga renyah menggunakan minyak yang banyak.

2. Sayuran hijau

Seperti yang kita tahu jika sayuran merupakan bahan makanan yang tidak boleh dimasak dengan suhu yang panas. Oleh sebab itu memasak sayuran hijau dengan air fryer sangatlah dilarang karena hawa panas yang dihasilkan dapat menghilangkan kandungan nutrisi dan khasiatnya.

Foto Ilustrasi sayuran. (Foto: Pexels)Ilustrasi sayuran. (Foto: Pexels)

3. Potongan daging besar

Jangan pernah memasukkan daging berukuran besar untuk dimasak ke dalam air fryer. Hal ini karena Air fryer memasak makanan dengan suhu yang tinggi sehingga akan memasak bagian luarnya lebih cepat matang.

Oleh sebab itu dikhawatirkan bagian dalam daging masih mentah dan berbahaya untuk dikonsumsi. Lebih baik potong daging dengan ukuran lebih kecil untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna.

4. Makanan dengan isian keju

Selain makanan yang berbalur adonan tepung, makanan dengan isian tertentu juga tak boleh dimasak dengan air fryer. Terutama makanan yang ditambah isian keju dan memungkinkan untuk meleleh.

Hal ini dikhawatirkan akan membuat isian keju menjadi meleleh dan akan mengotori air fryer. Selain itu dikhawatirkan lelehan keju dapat masuk ke dalam celah-celah air fryer dan membuatnya mudah rusak.

5. Popcorn

Perlu diingat jika ingin memasak popcorn diperlukan suhu yang panas antara 200 - 283 derajat celcius. Sementara air fryer hanya mampu memberikan suhu terpanasnya pada 175 - 200 derajat celcius.

Suhu yang kurang panas tersebut berpotensi membuat jagung gagal mengembang dan akan menghasilkan tekstur yang kirang renyah.(*)

Tombol Google News

Tags:

gaya hidup kesehatan air fryer memasak bahan makanan Hawa panas