Jangan Sampai Salah, Ini Beda Americano dan Long Black

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

22 Mei 2023 17:35 22 Mei 2023 17:35

Thumbnail Jangan Sampai Salah, Ini Beda Americano dan Long Black Watermark Ketik
Americano yang diduga muncul pertama kali di Italia. (Foto: shutterstock)

KETIK, SURABAYA – Menjamurnya kafe di Indonesia telah memunculkan berbagai varian kopi. Akibatnya barista dituntut menciptakan mixology atau minuman berbahan dasar espresso yang dicampur berbagai jenis minuman.

Misalnya espresso based dengan almond, vanilla, karamel, pisang, jus buah, soda, susu, krimer, hingga alkohol. Tapi tidak sedikit kelompok masyarakat yang masih mencintai kopi yang diseduh pekat.

Sebut saja americano atau long black yang bisa diseduh dingin maupun panas. Termasuk pula kopi single origin yang diseduh manual brew. Kopi jenis ini masih banyak disuguhkan di kedai kopi hingga tingkat kafe waralaba.

Americano atau long black sejauh ini masih banyak peminatnya. Tapi tidak sedikit masyarakat yang tidak tahu perbedaan keduanya. Sebetulnya americano dan long black nyaris sama. Lantas apa perbedaannya?

Kiblat menikmati kopi di dunia adalah Italia. Tidak salah jika banyak mesin espresso dan jenis olahan minuman kopi berasal dari Negeri Pizza. Americano misalnya. Kopi ini ditemukan tentara Amerika Serikat (AS) saat bertugas di Italia.

Namun banyak serdadu AS yang menganggap kopi Italia terlalu pahit. Maka diputuskan mencampur espresso dengan air mineral. Selanjutnya minuman ini disebut americano. Cara menyeduhnya espresso dituang terlebih dahulu, kemudian dituang air mineral. Anda bisa mencampurkan es batu bila suka dingin.

Berbeda dengan long black. Kopi ini muncul pertama kali di Selandia Baru dan Australia. Kala itu masyarakat kedua negara menganggap kopi Italia terlalu pekat dan pahit. Selanjutnya masyarakat kedua negara mencampurkan air mineral di dalamnya.

Bedanya long black menuangkan air mineral terlebih dahulu, menyusul espresso. Cara ini dilakukan untuk mempertahankan crema (buih) kopi dalam espresso. Keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang khas.

Perbedaan lain, americano memiliki buih yang datar serta air terlihat mengapung di atas kopi. Sebaliknya, buih yang dihasilkan long black berwarna coklat hazelnut. Adapun espresso mengapung di atas air., untuk menghasilkan fluktuasi saat menyeduh kopi. Anda pilih yang mana?

Tombol Google News

Tags:

americano long black Kopi manual brew