Kenalkan Beasiswa GenBI di Ponpes Jember, Solusi Remaja Melanjutkan Pendidikan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

31 Agustus 2023 01:45 31 Agt 2023 01:45

Thumbnail Kenalkan Beasiswa GenBI di Ponpes Jember, Solusi Remaja Melanjutkan Pendidikan Watermark Ketik
Foto bersama GenBI Jember dengan santri Ponpes Darul Falah Arraudlah saat program GenBI Goes to School, Selasa (29/8/2023) (Foto: GenBI Jember)

KETIK, JEMBER – Mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi merupakan hak setiap pelajar. Namun, tak jarang biaya pendidikan menjadi batu sandungan sejumlah siswa-siswi yang ada di Kabupaten Jember.

Menjawab persoalan itu, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember mensosialisasikan tentang pentingnya pendidikan di masa depan melalui program GenBI Goes to School yang bergerak di bidang pendidikan.

Sosialisasi yang bertajuk “Mengejar Cita-Cita dan Impian di Kampus Pilihan” ini diselenggarakan pada Selasa (29/8/2023). Mereka menyasar para santri di Pondok Pesantren Darul Falah Arraudlah Jember yang tengah duduk di bangku kelas 10 dan 11 sekolah menengah atas.

Tujuannya agar santri-santri meningkatkan semangat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu, juga menambah wawasan terkait perekonomian di Indonesia, Bank Indonesia, Beasiswa Bank Indonesia, dan komunitas GenBI.

Reza Maulana, Ketua Umum GenBI mengatakan kegiatan ini diharapkan memotivasi para santri untuk memanfaatkan peluang beasiswa menempuh pendidikan tinggi. “Karena ada banyak sekali beasiswa yang dapat kalian ambil bahkan setiap bulannya pasti ada beasiswa yang membuka pendaftarannya,” katanya.

Para santri dikenalkan dengan Beasiswa Bank Indonesia dengan mendatangkan mahasiswa GenBI penerima beasiswa dari setiap perguruan tinggi, yakni Universitas Jember, UIN KHAS Jember, dan Politeknik Negeri Jember.

Foto Pemaparan materi oleh GenBI Jember, penerima Beasiswa Bank Indonesia, Selasa (29/8/2023) (Foto: GenBI Jember)Pemaparan materi oleh GenBI Jember, penerima Beasiswa Bank Indonesia, Selasa (29/8/2023) (Foto: GenBI Jember)

Pihak Ponpes Darul Falah Arraudlah mengaku senang dengan adanya sosialisasi beasiswa GenBI. Abdul Ghifar Al Ghifari, kepala sekolah SMA Darul Falah mengatakan pihaknya terbantu dalam membuka mata para siswa-siswi agar ingin melanjutkan pendidikan sekaligus memotivasi belajar.

“Alasan banyak dari siswa-siswi mengatakan tidak berminat melanjutkan pendidikan nya adalah karena takut membebani orang tua karena biaya yang besar. Pendidikan itu penting di setiap zaman, karena ilmu dunia dan ilmu akhirat haruslah setara untuk menjadi pemimpin yang amanah,” ungkap Abdul.

Tidak hanya sosialisasi beasiswa, pemateri juga memberikan tips and trik untuk bisa membagi waktu, pengenalan terhadap kehidupan kampus, manfaat perkuliahan, pengenalan terkait beasiswa Bank Indonesia, dan sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS.(*)

Tombol Google News

Tags:

GenBI Generasi Baru Indonesia beasiswa Bank Indonesia Sosialisasi ponpes pendidikan tinggi Jember