Keren! Influencer Kediri Fadila Yahya Lakukan Free Endorse untuk Dukung UMKM Go Digital

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

15 November 2023 05:00 15 Nov 2023 05:00

Thumbnail Keren! Influencer Kediri Fadila Yahya Lakukan Free Endorse untuk Dukung UMKM Go Digital Watermark Ketik
Fadila Yahya, Influencer asal Kediri (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, KEDIRI – Saat ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sedang dalam tren yang positif dengan jumlahnya yang terus bertambah setiap tahun. Tren positif ini akan berdampak baik bagi perekonomian Indonesia.

Adalah Influencer cantik bernama lengkap Fadila Yahya, akrab dengan panggilan Fadhya atau Dila asal Kediri Jawa Timur ikut serta mendukung dan menggaungkan pengembangan UMKM agar bisa naik kelas dengan cara go digital.

"Untuk mensupport UMKM, kegiatan saya biasanya mengadakan free promosi/endorse khusus bagi UMKM yang baru merintis melalui Instagram, live sharing session/chit chat di Instagram agar semakin dikenal dan menjangkau kalangan baru," kata Dila kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan Whatsapp, Rabu (15/11/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @fadilayahya___ mengatakan, bahwa sewaktu kuliah ia kerap melakukan pendampingan untuk UMKM lokal agar bisa mempromosikan melalui digital secara mandiri, dengan membeli produk-produk khas brand lokal sebagai bentuk support.

"Semoga UMKM di Indonesia semakin terus tumbuh dan berkembang. Anak-anak muda semakin melek dan tidak malu untuk melanjutkan estafet UMKM. Karena ada beberapa yang tidak lanjut akibat tidak adanya estafet kepengurusan dan keterlibatan sehingga berhenti, dikarenakan anak muda lebih memilih bekerja d perusahaan atau menjadi TKW. Hal ini berdasar wawancara saya ketika melakukan pendampingan UMKM lokal di salah satu desa daerah Magetan," ungkapnya.

Perempuan lulusan S1 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam di UIN Surabaya ini bercerita, berawal dari menjadi duta wisata kemudian aktif menjabat selama dua tahun membuatnya semakin mendalami dan mengenal potensi lokal, salah satunya UMKM.

"Sehingga bisa berkontribusi dalam berbagai event dan mensupport potensi daerah membuat semakin cinta dan bangga dengan potensi lokal dan negeri sendiri," terang Dila yang bekerja sebagai model hijab.

Semenjak itu, Dila sampai sekarang sangat suka jika mensupport potensi lokal salah satunya UMKM. Menurutnya hal ini harus terus tumbuh dan berkembang karena tentunya akan semakin membantu perekenomian masyarakat.

"Tentunya bisa membuka lapangan kerja baru untuk orang sekitar,  apalagi di era yang semakin modern ini justru terkadang sangat disayangkan ada beberapa juga pekerjaan yang mulai hilang dan tergantikan," bebernya menjelaskan.

Secara khusus, Dila yang hobi memasak mengajak generasi muda untuk bersama-sama mendukung produk unggulan daerah dengan hal yang sangat simple, yakni membantu memposting dan membeli, hal itu sudah sangat membantu mereka. Jangan menunggu produk unggulan negeri diambil orang lain baru sadar.

"Ayo kita sama-sama bantu agar produk-produk UMKM menjadi level-up, go digital supaya naik kelas dan dikenal mancanegara. Karena mereka butuh kreatifitas agar terus berkembang. Kalau bukan kita sebagai anak muda lantas siapa lagi yang akan melanjutkan nantinya," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi yang pernah diraih dan pengalaman yang pernah diikuti oleh Dila yaitu:
1. Juara 1 Hijab Hunt 2018.
2. Duta Wisata Kabupaten Blitar 2015.
3. Host live tokopedia play produk UMKM Jatim 2022 dan 2024.
4. Mentor personal branding di Female in Action 2022. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik UMKM go digital Fadila Yahya Influencer