Kirana Octaviany Siap Gaungkan Pariwisata Majalengka Melalui Mojang Jajaka

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

25 Maret 2024 12:14 25 Mar 2024 12:14

Thumbnail Kirana Octaviany Siap Gaungkan Pariwisata Majalengka Melalui Mojang Jajaka Watermark Ketik
Kirana Octaviany (Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, MAJALENGKA – Nama Kirana Octaviany Wahyudy (21), akrab dengan panggilan Kirana, gadis cantik yang menyatakan siap menggaungkan sektor pariwisata di Kabupaten Majalengka melalui ajang Mojang Jajaka.

Menurut Kirana yang hobi bernyanyi dan bermain musik ini, pariwisata Majalengka sangat berpotensi. Hanya saja pengelolaan dan promosinya yang belum maksimal. Sebenarnya bisa saja bersaing dengan pariwisata yang sudah terkenal seperti Bali.

"Majalengka juga punya terasering yang indah, yaitu Ciboer Pass yang tidak kalah indah dengan terasering Tegalalang Ubud Bali. Kita juga punya Terasering Panyaweuyan yang menjadi icon dan dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahannya," katanya pada Ketik.co.id, pada Senin (25/03/2024).

Pemilik akun media sosial Instagram @kiranaaaoct menuturkan, Majalengka juga punya wisata air yang cukup menawan yaitu Situ Cipanten, dengan airnya yang jernih kebiruan dan banyak ikan-ikan beragam warna yang menjadikan wisata ini menjadi salah satu wisata favorit dan wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Majalengka.

"Akan tetapi wisata Majalengka itu musiman seperti Panyaweuyan yang hanya hijau di musim hujan dan Situ Cipanten hanya biru di musim hujan. Masih banyak sekali hal yang menarik dari pariwisata Majalengka jika diuraikan secara detail," imbuhnya.

Mahasiswi Universitas Terbuka Bandung Jurusan Manajemen ini menyatakan harapan ke depannya bisa menginspirasi generasi muda terutama kaum wanita untuk lebih mandiri, berkembang, dan dapat berdiri di kaki sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.

"Tunjukan kalau kita bisa dan memiliki kemampuan serta kesetaraan gender yang di mana peran perempuan juga sangat berpengaruh untuk dapat membantu mempercepat pembangunan bangsa," tambahnya menjelaskan.

Dirinya mengajak khususnya kepada kaum perempuan untuk dapat mengenali dan melestarikan wisata di daerah sendiri dengan cara foto dan video lalu sebarkan di sosial media. Gunakan gadget secara positif, manfaatkan teknologi yang ada guna membantu dan meningkatkan income di tempat wisata.

"Karena dengan sedikit bantuan dari kita, itu memberikan banyak manfaat di bidang perekonomian seperti terkenalnya kebudayaan setempat oleh wisatawan, dan terciptanya lapangan pekerjaan. Maka dari itu tingkat inflasi juga akan semakin rendah dan masyarakat bisa hidup lebih sejahtera," tutupnya.

Sebagai informasi, prestasi membanggakan yang telah diraih Kirana, yaitu:
1. Juara 3 lomba musikalisasi puisi se-Jawa Barat dalam rangka acara semarak bulan bahasa III
2. Juara 3 festival lomba kaulinan barudak 
3. The Winner of photo competition ikatan pelajar mahasiswa Kuningan-Yogyakarta
4. Brand Ambassador Of Jabar Masagi
5. Juara 1 lomba service excellence awards BNI kategori branch digital assistant 
6. Calon finalis Mojang Jajaka Majalengka

Adapun pengalaman bekerja Kirana, yaitu:
1. PT kereta api pariwisata posisi Guest Relationship Officer (Frontliner) 
2. PT Bank Negara Indonesia Posisi Branch Digital Assistant (Frontliner)

Tags:

Kirana Octaviany pariwisata Mojang Jajaka Majalengka budaya