Kolaborasi PT Solusi Bangun Indonesia dan Pemkab Tuban Penuhi Hak Tumbuh Kembang Anak

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: Naufal Ardiansyah

24 Juli 2024 02:12 24 Jul 2024 02:12

Thumbnail Kolaborasi PT Solusi Bangun Indonesia dan Pemkab Tuban Penuhi Hak Tumbuh Kembang Anak Watermark Ketik
Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki bersama ketua pelaksana HAN 2024 dan Manager General Affairs/Community Relation SBI Pabrik Tuban, Mochammad Yunani Rizzal (23/07/2024)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Peringatan Hari Anak Nasional 2024, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban mewujudkan komitmennya dalam mendukung pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Tuban, berkolaborasi dengan TP PKK dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, dengan cara menyelenggaraan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2024 dengan tema “Suara Anak Membangun Bangsa’ di Pendopo Krido Manunggal, Selasa (23/7/2024) 

Kegiatan progam berbentuk workshop edukasi itu digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran anak-anak dalam hal kesehatan, pendidikan, serta mengetahui minat dan bakat mereka melalui test.

Selain edukasi, kegiatan tersebut, menggandeng Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2K8) Kabupaten Tuban untuk menyediakan vaksin Human Papillomavirus (HPN) gratis bagi peserta khususnya perempuan usia di atas 14 tahun yang hadir.

Pemberian vaksin gratis ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus HPV, dan virus terjadinya kanker sermiks. Peserta oleh dinas kesehatan diberikan Bekal pengetahuan tentang HPV dan cara mencegahnya.

Dalam sambutan, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Mengatakan bahwa seluruh pihak memiliki peran dan tanggung jawab untuk memastikan setiap anak, termasuk anak disabilitas terpenuhi hak-hak dasar mereka yaitu kesehatan, pendidikan, dan perlindungan. 

Selain itu, tambah Lindra semua pihak harus mendampingi anak-anak mengetahui minat dan bakat guna meraih cita-citanya. “Karena itu Pemkab Tuban bersama insan pendidik, tenaga kesehatan dan para orang tua bersama-sama menciptakan lingkungan dan peluang tumbuh kembang yang baik bagi anak-anak kita demi masa depan mereka dan pembangunan bangsa,"terangnya 

Bupati Lindra berpesan agar orang tua dan anak-anak mampu membangun komunikasi dua arah. Pola komunikasi tersebut akan mengakomodir keinginan anak dan orang tua sehingga tercipta ruang diskusi untuk membangun kesepahaman. 

"Dengan begitu baik anak maupun orang bisa mengungkapkan perasaan masing-masing," tutupnya 

Dikesempatan sama,Manager General Affairs/ Community Relation SBI Pabrik Tuban, Mochammad Yunani Rizzal menyebutkan bahwa, Komitmen SBI mendukung pengembangan masyarakat khususnya bagi anak anak yang telah terealisasi di sektor pendidikan lewat program Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) yang melibatkan para karyawan untuk menjadi donatur beasiswa bagi anak usia sekolah tingkat SD sampai dengan SMA.

"SBI juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswa lulusan sekolah menengah atas di sekitar pabrik, untuk mengikuti program Enterpnse-based Vocational Education (EVE) melalui proses seleksi," jelasnya.

Dikatakan Rizzal di bidang kesehatan, perusahan mendukung penyelenggaraan Integrasi Layanan Primer (ILP) di 18 desa di sekitar pabrik SBI lewat program pemberian makanan tambahan bagi anak-anak. 

“Pendidikan dan kesehatan yang baik merupakan bekal penting dalam mempersiapkan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa,"sambungnya.

Rizzal sapaan pendeknya berharap, dukungan perusahan dapat membantu anak-anak di Tuban dalam proses tumbuh kembang mereka, serta menempuh pendidikan setinggi mungkin untuk membangun masa depan yang cerah dan berkontribusi membangun daerah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dinsos P3A Mensos SBI Semen Hari anak Pemkab Tuban