Kombespol Kusumo Pamitan, Gus Muhdlor Ucapkan Selamat Datang ke Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

19 Desember 2023 02:25 19 Des 2023 02:25

Thumbnail Kombespol Kusumo Pamitan, Gus Muhdlor Ucapkan Selamat Datang ke Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing Watermark Ketik
AKBP Christian Tobing resmi menjabat Kapolresta Sidoarjo menggantikan Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro saat pisah sambut pada Minggu malam (17/12/2023). (Foto: Diskominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Polresta Sidoarjo punya pucuk pimpinan baru. Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Kusumo Wahyu Bintoro resmi mengakhiri masa tugas sebagai Kapolresta Sidoarjo pada Kamis (14/12/2023). Polresta Sidoarjo kini dipimpin AKBP Christian Tobing sebagai Sidoarjo Satu.

Serah terima jabatan Kapolresta Sidoarjo itu telah dilakukan di Mapolda Jawa Timur pada Jumat (15/12/2023). Minggu malam (17/12/2023), digelar pisah sambut di Gedung Serbaguna Mapolresta Sidoarjo.

Kusumo mengakhiri tugasnya dengan berpamitan kepada jajaran. Dari Wakapolresta Sidoarjo, pejabat utama, Kapolsek, hingga PNS dalam apel pagi di Halaman Mapolresta Sidoarjo, Kamis (14/12/2023).

”Saya pamitan karena berdasar TR (Telegram Rahasia) tanggal 7 Desember 2023, saya akan melaksanakan tour of area  atau perpindahan tugas ke tempat baru,” kata Kusumo.

”Selanjutnya, saya akan bertugas sebagai analis kebijakan madya bidang Kamneg Baintelkam Polri," tambahnya.  

Kusumo menjabat Kapolresta Sidoarjo 2,5 tahun. Mulai bertugas pada 17 Juni 2021 menggantikan Kombespol Soemardji. Berbagai kegiatan besar dilakukan. Keamanan dan ketertiban masyarakat Sidoarjo relatif kondusif. Polresta Sidoarjo juga banjir penghargaan. Hal itu tak lepas dari sinergi jajaran dan berbagai pihak.

”Keberhasilan itu bukan keberhasilan saya pribadi selaku Kapolres, tetapi juga keberhasilan kita semua,” ungkap Kusumo.

Kusumo berpesan dan mengajak jajaran agar selalu menjaga nama baik Polresta Sidoarjo dan institusi kepolisian. Yang benar katakan benar. Yang salah katakan salah. Berikan yang terbaik di mana pun bertugas. Karena negara dan bangsa membutuhkan pengabdian.

Foto Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro dipanggul perwira di jajaran Polresta Sidoarjo setelah apel perpisahan pada Jumat (15/12/2023). (Foto: Istimewa)Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro dipanggul perwira di jajaran Polresta Sidoarjo setelah apel perpisahan pada Jumat (15/12/2023). (Foto: Istimewa)

Dia  juga berpesan, pelaksanaan Pilpres, Pileg, dan Pilkada 2024 harus berjalan aman, tertib, dan kondusif.  Siapa pun yang terpilih, siapa pun yang memimpin, kepolisian harus bisa mengamankan Kabupaten Sidoarjo yang dipimpin Bupati Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor ini.

Pada acara pisah sambut Kapolresta Sidoarjo, Minggu malam (17/12/2023), Bupati Gus Muhdlor memohon maaf kepada Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro jika pernah ada salah kata atau perbuatan yang disengaja maupun tidak.

Gus Muhdlor juga mengatakan, siapa pun yang pernah menjadi Kapolres Sidoarjo, pasti akan memiliki karir yang cemerlang di kemudian hari. Siapa pun itu, selepas dari Sidoarjo, akan meniti karir sebagai seorang jenderal suatu saat nanti.

”Mewakili yang hadir, atas nama pribadi dan Kabupaten Sidoarjo, saya mohon maaf jika terdapat khilaf kepada beliau selama menjabat sebagai Kapolresta Sidoarjo,” ucap Gus Muhdlor.

Pisah sambut Kapolresta Sidoarjo juga dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi SH beserta Forkopimda. Gus Muhdlor mengucapkan selamat kepada Kapolresta Sidoarjo yang baru, AKBP Christian Tobing.

Gus Muhdlor berharap AKBP Christian Tobing dapat meneruskan tugas dan tanggung jawab yang telah diemban oleh Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro. Siapa pun yang menjabat Kapolresta Sidoarjo, lanjut Gus Muhdlor, sudah layaknya saudara dalam membangun Sidoarjo agar semakin baik.

”Selamat kepada Bapak AKBP Christian Tobing. Semoga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik," ujar Gus Muhdlor. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polresta Sidoarjo Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro Polda Jatim Gus Muhdlor Kabupaten Sidoarjo Bupati Sidoarjo