Konsolidasi Internal, PCNU Cianjur Tingkatkan Kapasitas Ratusan Pengurus

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

30 Desember 2023 08:57 30 Des 2023 08:57

Thumbnail Konsolidasi Internal, PCNU Cianjur Tingkatkan Kapasitas Ratusan Pengurus Watermark Ketik
PCNU Cianjur gelar Upgrading MWCNU dan PRNU di Kecamatan Tanggeung (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, CIANJUR – Dalam kurun waktu bulan Desember 2023, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur telah melakukan peningkatan atau Upgrading Tata Kelola Perkumpulan NU bagi 298 Pengurus Ranting NU (PRNU) tingkat Desa, 27 Majelis Wakil Cabang (MWCNU) tingkat Kecamatan dan 926 kader secara maraton.

Laporan ini disampaikan oleh Ketua Panitia Upgrading yang juga Plt Sekretaris PCNU Kabupaten Cianjur, Dr. Herlan Firmansyah, M.Pd., M.E., di sela-sela kesibukannya di Kantor PCNU, Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

"Tujuan kegiatan ini adalah konsolidasi sekaligus penguatan ideologi pengurus MWCNU dan PRNU agar arah, cita-cita dan strategi perjuangan NU lebih kuat serta fikrah, amaliyah, giroh, dan harakahnya sesuai dengan khittah Nahdlatul Ulama," kata Herlan kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, Jumat (29/12/2023).

Dirinya menyebut, pentingnya penguatan wawasan kader pengurus MWCNU dan PRNU tentang Qanun Asasi, AD/ART dan Peraturan Perkumpulan NU dalam pengkondisian kader pengurus menuju pelaksanaan kaderisasi formal, yaitu Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU).

"Sehingga nantinya terkonsolidasi potensi sumber daya perkumpulan, khususnya yang berada pada tingkat MWCNU dan PRNU. Kemudian meningkatnya kapasitas pengurus untuk bergerak dan menggerakan seluruh potensi Jam’iyyah (pengurus) dan Jama’ah (warga)," ujarnya menjelaskan.

Lalu kata Herlan, terbangunnya kolaborasi sistemik antara PCNU dengan MWCNU dan PRNU di Kabupaten Cianjur sehingga mendukung percepatan pencapaian visi Nahdlatul Ulama. 

"Ke depannya, NU menjadi Jam’iyyah Dinyiyah Ijtima’iyyah Ahlusunnah Waljama’ah Annahdliyyah yang mandiri dan kokoh serta memberi kemaslahatan bagi masyarakat luas," ungkapnya menuturkan. 

Sebagai tambahan informasi, kegiatan upgrading ini dibagi menjadi beberapa angkatan dengan waktu pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:
Angkatan 1 : 1 Desember 2023 di Pondok Pesantren Al-Ittihad Karangtengah
Angkatan 2 : 9-10 Desember 2023 di Wisma Haji Ciloto Cipanas
Angkatan 3 : 16-17 Desember 2023 di Wisma Haji Ciloto Cipanas
Angkatan 4 : 26 Desember 2024 di Pondok Pesantren Al-Barkah Tanggeung

Adapun pemateri upgrading, yaitu:
1. Khittah Nahdlatul Ulama oleh Dr. H. Mohammad Nuruzzaman, sebagai Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
2. Arah, Cita-cita dan Strategi Perjuangan NU oleh KH. Ahmad Dasuki, S.Pd.I., sebagai Wakil Ketua PWNU Jabar dan KH. Dindin C. Noor, S.Ag., sebagai Wakil Sekretaris PWNU Jawa Barat.
3. Qanun Asasi dan AD/ART NU oleh Dr. H. Aguslani Muslih, M.Ag., sebagai Ketua STISNU Cianjur
4. Peraturan Perkumpulan NU oleh Dr. Herlan Firmansyah, M.Pd., M.E., sebagai Plt. Sekretaris PCNU Cianjur
5. Membangun Kemandirian dan Kolaborasi Jamaah dan Jam'iyyah NU dalam Bidang Keagamaan, Pendidikan, Sosial dan Ekonomi oleh H. Hasan Sadili, S.S., M.Pd., sebagai Instruktur Wilayah PD-PKPNU
6. Optimalisasi Potensi Jam’iyyah untuk Kemandirian Jamaah oleh Jamaludin, S.Pd.I., MM., sebagai Tokoh Muda NU Cianjur dan KH. Muhammad Ichsan sebagai Wakil Ketua PCNU Cianjur. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Upgrading PCNU Cianjur MWCNU PRNU Pengurus Ranting NU Jam’iyyah Dinyiyah Ijtima’iyyah Ahlusunnah Waljama’ah Annahdliyyah