Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Malang Siap Jadi yang Terbaik di Jambore Daerah

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

29 September 2023 09:26 29 Sep 2023 09:26

Thumbnail Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Malang Siap Jadi yang Terbaik di Jambore Daerah Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang secara simbolis melepaskan kontingen Kwarcab Pramuka Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Malang siap mengirimkan kontingennya untuk mengikuti Jambore Daerah 2023. Sebanyak 65 peserta akan berangkat pada 1 Oktober 2023 ke Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo Parengan, Kabupaten Tuban.

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat secara resmi melepas keberangkatan peserta di Balai Kota Malang pada Jumat (29/9/2023). Kegiatan Jambore Daerah 2023 akan berlangsung pada 2-7 Oktober 2023.

Wahyu berpesan supaya peserta dapat menjaga nama baik Kota Malang dan berprestasi bersama peserta dari kwarcab lainnya.

"Mereka membawa nama Kota Malang, apa yang dilakukan saat Jambore di Tuban sudah dipersiapkan. Nama Kwarcab Kota Malang selalu akan prestice. Kami harapkan nanti 65 yang kita kirim ke sana bisa menjaga nama Kwarcab Pramuka Kota Malang," jelas Wahyu usai melepas Kontingen Pramuka Kwarcab Kota Malang. 

Ia berharap agar Pramuka Kota Malang dapat meraih posisi pertama dalam Jambore Daerah 2023 di Parengan, Kabupaten Tuban. 

"Targetnya untuk lebih baik dari yang kemarin. Kita berada di posisi kedua, tentunya tahun ini kita berharap bisa di peringkat satu. Jambore ini sifatnya bertemu, beda dengan lomba jadi kita bergembira bersama," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang, Heri Sunarko menjelaskan bahwa dari 65 peserta, terdiri sari 50 Pramuka Penggalang, dan 15 pembina pendamping. Menariknya terdapat 5 orang peserta yang memiliki kebutuhan khusus.

"Sudah lebih dari 4 bulan persiapan. Seleksinya lebih kurang hampir 150 orang kita ambil 65, itu adik-adiknya saja sekitar 50 orang, sisanya 15 orang itu pembina pendamping. Jadi kita seleksi di tingkat Kwarcab, yang terbaik, entah itu di fisik, kemampuan, dan persyaratan sudah dilengkapi semua," jelas Heri.

Heri berharap peserta bukan hanya dapat menerima ilmu dari Jambore Daerah 2023, tapi juga mengangkat citra Kota Malang, termasuk mempromosikan pariwisata yang ada.

"Harapan saya di akhir kegiatan mereka bisa menjaga marwahnya Kota Malang. Termasuk yang kita bekalkan kemampuan mereka mempromosikan destinasi wisata. Sekarang yang terkenal kan Kayutangan Heritage. Nanti akan mereka sebarkan di sana, promosi gratis," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Kota Malang Kwarcab Pramuka Kota Malang Jambore Daerah 2023 Kota Malang