Kurangi Ketergantungan dengan China, Apple Pindahkan Produksi ke India

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

8 Desember 2023 05:40 8 Des 2023 05:40

Thumbnail Kurangi Ketergantungan dengan China, Apple Pindahkan Produksi ke India Watermark Ketik
Ilustrasi Iphone 15. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Perangkat besutan Apple, Iphone 15 baru saja diluncurkan pada bulan September 2023 lalu. Namun bocoran terkait Iphone 16 sudah bertebaran di dunia maya. 

Menurut rumor yang beredar Iphone 16 akan memiliki spesifikasi yang makin gahar. Antara lain ditenagai oleh prosesor A17 Pro dengan RAM 6GB.

Selain itu untuk daya perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.449 mAh. Untuk sektor kamera, Iphone 16 akan memiliki kamera dengan resolusi 48MP+12MP, sementara resolusi kamera depan 12MP.

Akan tetapi hingga saat ini Apple belum mengonfirmasi mengenai bocoran tersebut. Di satu sisi, untuk produksi Iphone 16, Apple dikabarkan akan memfokuskan pada pabrik mereka yang ada di India. Padahal selama ini China merupakan markas produksi Apple.

Perubahan strategi ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan Apple terhadap China. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 menyerang, kondisi geopolitik di China mengalami banyak hambatan. Berangkat dari hal tersebut Apple pun gencar membangun fasilitas produksi mereka di India.

Dikutip dari 91mobiles, Kamis (7/12/2023). Wakil Menteri Teknologi dan Informatika India, Rajeev Chandeasekhar mengatakan, untuk memproduksi baterai Iphone, pabrikan baterai asal Jepang telah berinvestasi di India. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pembuatan baterai Iphone 'made in India'.

Tidak hanya itu, beberapa produsen komponen Iphone dikabarkan mulai membangun fasilitas produksinya di India, seperti pembuat komponen Desay mulai membangun fasilitas di India. Simplo Technology dari Taiwan juga bersiap memindahkan pabriknya dari China ke India.(*)

Tombol Google News

Tags:

Apple iPhone 15 iPhone 16 fasilitas produksi China india investasi