La Nyalla Calonkan Diri Jadi Ketum PSSI (Lagi)

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

13 Januari 2023 09:44 13 Jan 2023 09:44

Thumbnail La Nyalla  Calonkan Diri Jadi Ketum PSSI (Lagi) Watermark Ketik
Potret La Nyalla Mattalitti. (Foto: Instagram @lanyallamm1)

KETIK, JAKARTA – La Nyalla Mattalitti resmi mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI. Sosok yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD RI itu hadir menyerahkan berkas pendaftaran ke Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023).

La Nyalla datang setelah melakukan ibadah salat Jumat di siang hari dengan didampingi oleh Calon Exco Gede Widiade serta Bustami Zainudin. Ia menyatakan pihaknya sudah melengkapi seluruh berkas yang diperlukan serta mendapat bukti pencalonan.

"Sesuai dengan janji, saya hadir pada saat hari ini tanggal 13 Januari sesudah sholat Jumat. Saya mendaftarkan diri di kantor PSSI untuk mencalonkan sebagai ketua umum PSSI. Alhamdulillah sudah lengkap, kami sudah mendapatkan bukti, semuanya lengkap," kata La Nyalla selepas menyerahkan berkas pencalonan.

La Nyalla bukan orang baru di PSSI. Pria kelahiran 10 Mei 1959 itu terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015-2019. Namun kemudian PSSI dibekukan Menpora Imam Nahrawi hingga berujung sanksi FIFA.

Kepemimpinan La Nyalla sebagai Ketua Umum PSSI terjadi pada Agustus 2016 lewat KLB. Nama La Nyalla kemudian juga sempat menjadi kandidat Ketua Umum PSSI pada Kongres 2019, tapi kemudian dimenangi oleh Mochamad Iriawan.

"Saya masih ingat sekali perjuangan PSSI mulai dari 2012-2015, yang mulai dari PSSI asli, anggotanya palsu, kemudian saya membuat KPSI yang organisasinya palsu, tapi anggotanya asli," La Nyalla mengenang masa-masanya dahulu.

"Dari situlah akhirnya kami berjuang sampai saya akhirnya menang di PTUN, menang di tingkat banding, dan sampai tingkat kasasi kami menang. Akan tetapi, ternyata ada kejadian luar biasa, saya yang merasa dikriminalisasi. Akhirnya saya masuk di dalam tahanan, karena katanya saya korupsi dana hibah kadin," tambahnya.

"Dari sinilah berangkatnya, saya masih punya hutang untuk menyelesaikan tugas-tugas saya dari voters yang meminta saya sebagai ketua umum, 94 suara ini," tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

La Nyalla PSSI Calon Ketua KLB kongres