Lawrence Wong Akan Dilantik sebagai Perdana Menteri Singapura Keempat pada 15 Mei

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

15 April 2024 16:03 15 Apr 2024 16:03

Thumbnail Lawrence Wong Akan Dilantik sebagai Perdana Menteri Singapura Keempat pada 15 Mei Watermark Ketik
Deputi Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong. (Foto: IG Lawrence Wong)

KETIK, JAKARTA – Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Senin (15/4/2024) mengumumkan bakal menyerahkan kursi kepemimpinan negara ke penerusnya Lawrence Wong pada 15 Mei mendatang.

Wong, yang kini berusia 51 tahun, saat ini merupakan deputi perdana menteri sekaligus Menteri Keuangan Singapura. Ia sudah ditunjuk sebagai calon pengganti Lee sejak 2022 lalu.

Lee, yang kini berusia 72 tahun mengatakan, transisi kepemimpinan ini merupakan momen penting dalam sejarah Singapura.

"Saya akan menyerahkan peran sebagai Perdana Menteri pada 15 Mei 2024 dan Deputi Perdana Menteri Lawrence Wong akan disumpah sebagai Perdana Menteri selanjutnya pada hari yang sama," kata Lee dilansir Reuters dari laman resmi kantor perdana menteri Singapura.

Wong dalam sebuah video berdurasi 1 menit 30 detik mengatakan, dirinya siap menjadi Perdana Menteri Singapura dan akan mengerahkan seluruh energinya untuk membangun negara tersebut.

Sejarah mencatat, Wong akan menjadi perdana menteri keempat Singapura setelah Lee (2004 - 2024), Goh Chok Tong (1990 - 2004) dan Lee Kuan Yew (1959 - 1991).

Keempatnya berasal dari Partai Aksi Rakyat (PAP) yang sudah berkuasa di Singapura sejak negara itu berdiri pada Agustus 1965.

"Saya menerima tanggung jawab ini dengan kerendahan hati dan pengabdian. Saya akan menyerahkan seluruh kemampuan untuk melaksanakan tugas ini," kata Wong dilansir dari Suara.com jejaring nasional Ketik.co.id.

"Seluruh energi saya akan saya berikan untuk melayani negara dan rakyat kita. Impian kalian akan menginspirasi tindakan saya. Kerisauan kalian akan memandu keputusan-keputusan saya," lanjut Wong.

Lazimnya setelah transisi kekuasaan itu, Singapura akan menggelar pemilihan umum yang diyakini akan kembali dimenangkan oleh PAP seperti tahun-tahun sebelumnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lawrence Wong PM Singapura Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1