Jokowi Temui PM Singapura, Bahas Investasi IKN dan Kerja Sama Energi

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Irwansyah

16 Maret 2023 04:43 16 Mar 2023 04:43

Thumbnail Jokowi Temui PM Singapura, Bahas Investasi IKN dan Kerja Sama Energi Watermark Ketik
Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong di Bintan, Kepulauan Riau tahun lalu (25/1/2022). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Presiden Jokowi pagi hari ini (16/3/2023) terbang ke Singapura menemui Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam agenda Leaders’ Retreat.

Ini adalah pertemuan tahunan Presiden Indonesia dengan Perdana Menteri Singapura. Tahun lalu pertemuan yang sama dihelat di Bintan, Kepulauan Riau.

Salah satu fokus pembahasan dalam pertemuan tahun ini adalah investasi Singapura di pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Singapura untuk mempersiapkan kedatangan Jokowi. “Kerja sama ekonomi, digital, kesehatan, dan energi terbarukan juga akan menjadi fokus pembahasan,” ucap Retno dalam keterangan tertulis, Kamis, (16/3/2023).

Sore nanti, Jokowi langsung meninggalkan Singapura untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan (Kalsel). Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja ke Singapura adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Tampak juga Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Ikut melepas keberangkatan Jokowi pada pukul 07.00 pagi tadi di Bandara Halim Perdanakusuma adalah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Adrian P Damanik. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi PM Singapura Lee Hsien Long IKN Leaders’ Retreat