Lelah Perjalanan Mudik, Gunakan Aplikasi Ini untuk Cari Rest Area Terdekat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

8 April 2024 03:29 8 Apr 2024 03:29

Thumbnail Lelah Perjalanan Mudik, Gunakan Aplikasi Ini untuk Cari Rest Area Terdekat Watermark Ketik
Ilustrasi rest area. (Foto: Dok Hutama Karya)

KETIK, JAKARTA – Menjelang Idul Fitri, tradisi mudik adalah momen yang ditunggu-tunggu dimana masyarakat akan pulang ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga.

Untuk pulang ke kampung halaman banyak orang harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan. Berangkat dari hal tersebut keberadaan rest area sangat penting sebagai sarana istirahat pemudik sebelum melanjutkan perjalanan.

Beristirahat di rest area sangat penting untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan panjang. Hal ini juga sebagai salah satu langkah keamanan untuk menghindari kecelakaan akibat kelelahan berkendara.

Bagi Anda yang tidak tahu letak rest area yang tersebar di sepanjang rute perjalanan, mungkin bisa mencoba beberapa aplikasi berikut agar dapat segera beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

1. Google Maps

Aplikasi pertama yang selalu menjadi rujukan untuk menemukan tempat dan lokasi tentu saja Google Maps. Google Maps sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan fitur navigasi yang lengkap, seperti rute-rute jalan, restoran, rumah ibadah, pom bensin, termasuk juga rest area.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke kolom pencarian kemudian ketik 'rest area' maka secara otomatis Google Maps akan menampilkan lokasi rest area terdekat lengkap dengan ulasan pengunjung, jam buka, dan lain sebagainya.

2. Travoy

Hampir sama seperti Google Maps, Travoy juga menawarkan fitur peta jalan. Selain itu, Travoy juga menghadirkan fitur memantau langsung kondisi jalan tol lewat CCTV, informasi tarif tol, juga tentunya lokasi rest area.

Karena aplikasi ini mirip dengan Google Maps, cara penggunaan pun mirip. Anda hanya perlu masuk ke kolom pencarian lalu ketik 'rest area' maka informasi terkait rest area akan muncul dengan sendirinya.

3. Waze

Waze merupakan salah satu aplikasi navigasi yang memiliki banyak pengguna, aplikasi ini cukup menarik dengan tampilan yang unik menggunakan grafis 3D. Waze juga menampilkan beberapa titik lokasi rest area terdekat yang dapat dikunjungi. Untuk menggunakannya sangatlah mudah.

4. BPJT Info Tol

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi besutan pemerintah yang menampilkan beragam informasi terkait navigasi, CCTV, informasi tarif tol yang lengkap, serta juga menampilkan lokasi rest area terdekat. Tidak hanya itu, aplikasi BPJT Info Tol juga menyematkan call center untuk kondisi darurat. (*)

Tombol Google News

Tags:

mudik Ramadan istirahat perjalanan jauh Pemudik Rest area