Lestarikan Wastra Nusantara, BFF 2023 Gelar Fashion Show Warna-Warni Nusantara

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

19 November 2023 09:18 19 Nov 2023 09:18

Thumbnail Lestarikan Wastra Nusantara, BFF 2023 Gelar Fashion Show Warna-Warni Nusantara Watermark Ketik
Para model terlihat anggun saat memperagakan wastra nusantara. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pameran Batik Fashion Fair (BFF) 2023 diselenggarakan salah tujuannya adalah untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal. Mengusung tema Ajining Raga Saka Busana, yang berarti pakaian bisa mewakili nilai dari seseorang.

Sebagai bagian dari ajang promosi produk budaya lokal, pameran ini juga menggelar beragam kegiatan salah satunya fashion show yang diikuti oleh beragam asosiasi pengrajin dan pengusaha. 

Para model ini berlenggak-lenggok dengan anggun sembari mengenakan pakaian khas nusantara seperti batik dan kain tenun. Melalui fashion show ini dapat dilihat jika Indonesia sangat kaya dengan budaya yang menarik dan penuh filosofi.

Foto Para model yang ikut berpartisipasi di gelaran fashion show BFF.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para model yang ikut berpartisipasi di gelaran fashion show BFF.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Salah satu peserta fashion show, Siska Sumartono yang juga merupakan Ketua Perkumpulan Pengusaha Sulam dan Bordir (Persadir) mengatakan kali ini dirinya menampilkan busana dengan motif bordir kuno, yang juga merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Desain yang dipamerkan kali ini mengambil tema "warna warni nusantara" hal ini menggambarkan kekayaan wastra nusantara yang sangat kaya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kali kita menampilkan busana yang simple dan anggun. Kami menampilkan model bordir kuno 'kerawang gunting' yang elegan namun unik," jelas Siska, Sabtu (18/11/2023).

Hal senada juga diutarakan oleh Yusi Martha dari Etnik Fashion Nusantara yang kali ini juga turut berpartisipasi. Dirinya lebih mengangkat wastra asal Jawa Timur yang beragam. Terdapat kurang lebih 9 busana yang diperagakan, kesemua kain tersebut menggambarkan kekayaan budaya asal Jawa Timur.

"Kali ini mengeluarkan desain ready to wear ya. Yang bisa langsung dikenakan terutama bagi anak anak muda. Disini kami ingin mengangkat kain nusantara agar menarik bagi anak muda,"kata Yusi.

Sebagai informasi, BFF ini merupakan pameran tahunan yang sudah menjadi agenda Provinsi Jawa Timur. Diselengarakan mulai 15-19 November 2023, kali ini diikuti oleh 105 lebih peserta yang menempati 120 stand.(*)

Tags:

BFF 2023 Wastra Nusantara Fashion show kekayaan budaya Batik Tenun bordir Persadir etnik fashion nusantara