Linmas Kota Malang Siap Amankan TPS pada Pemilu 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

27 Desember 2023 04:17 27 Des 2023 04:17

Thumbnail Linmas Kota Malang Siap Amankan TPS pada Pemilu 2024 Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang bersama para Linmas dalam Jambore. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang telah memastikan kesiapan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam pengamanan momen Pemilu 2024. Persiapan tersebut dilakukan pada kegiatan Jambore pada Rabu (27/12/2023) di Kawasan Wisata Lembah Dieng, Kota Malang. 

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan para Linmas akan ditugaskan mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah setempat. Masing-masing TPS akan dijaga oleh dua orang Linmas. 

"Masing masing TPS ada dua Linmas, kalau dengan yang sudah kita kumpulkan ini sudah mencukupi kebutuhan TPS tapi tinggal 395 orang untuk yang isidentil," ujar Wahyu usai menghadiri Jambore. 

Kota Malang memiliki sekitar 2452, namun pada Jambore baru menghadirkan 634 personel Linmas. Nantinya Linmas akan diberikan pengarahan untuk mempersiapkan keamanan saat Pemilu 2024. 

"Mereka nanti akan mengamankan TPS, hari ini kita kumpulkan dan nanti pengarahannya tidak hanya dari kami tapi dari DPRD, KPU, Polresta, Bawaslu, Satpol PP Provinsi, Kodim," lanjut Wahyu.

"Tugas mereka mengamankan agar tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan. Mereka sudah punya kepahaman dipelatihan ini termasuk juga dapat sertifikat kecakapan," tegasnya. 

Guna memacu semangat, Pemkot Malang akan memberikan penghargaan kepada para Linmas yang telah bertugas. Terlebih saat ini para Linmas telah tampil dengan seragam baru berwarna abu-abu tua. 

Wahyu berharap melalui pengarahan, nantinya Linmas dapat semakin maksimal menjalankan tugas-tugasnya. 

"Harapannya Linmas ini sebagai ujung tombak dari pemerintah untuk bisa mengamankan seluruh petugas, baik dari KPU, Bawaslu juga dari partai. Bersama narasumber kita berikan pengertian pada mereka terkait tugas dalam rangka Pemilu 2024 dan juga menjalankan tugasnya," tutup Wahyu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Linmas Kota Malang Pengamanan Pemilu 2024 Kota Malang pemilu2024