Mahasiswa KKN Unusia Gelar Seminar Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Ecotourism

Jurnalis: Moh. Rusdi
Editor: Muhammad Faizin

27 Agustus 2024 10:30 27 Agt 2024 10:30

Thumbnail Mahasiswa KKN Unusia Gelar Seminar Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Ecotourism Watermark Ketik
Mahasiswa KKN Unusia menggelar seminar peningkatan ekonomi masyarakat berbasis Ecotourism (28/08/2024) (Foto: Muhammad Rafli for Ketik.co.id)

KETIK, BOGOR – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta melaksanakan seminar bertajuk "Pengembangan Desa Wisata Gobang dalam Meningkatkan dan Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Lokal Berbasis Ecotourism" di Kantor Kepala Desa Gobang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Seminar ini merupakan salah satu program kerja kelompok KKN MD-06 dengan tujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi lokal melalui ecotourism dan juga dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan Desa Gobang ke depannya,” ujar Muhammad Rafli Ketua KKN MD-06 kepada Ketik.co.id, Selasa, 27 Agustus 2024.

Rafli menjelaskan bahwa tujuan dan konsep desa wisata harus berbasis pada masyarakat. Desa wisata, menurutnya, mengangkat kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat desa Gobang. Kegiatan ini nantinya dapat mengangkat ekonomi lokal dan mampu meningkatkan kualitas SDM, khususnya masyarakat Desa Gobang ke depannya.

"Secara pelan desa wisata memang butuh waktu dan komitmen bersama dalam mengelolanya. Tidak bisa instant dalam proses membangunnya, mudah-mudahan dengan adanya desa wisata ini mampu mengangkat ekonomi lokal masyarakat desa Gobang,” jelas Rafli.

Kepala Desa Gobang, Abdillah Alawi, menyampaikan pentingnya pembangunan desa yang maju dan berkembang dengan menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal itu menurutnya, di desa masih menjadi pekerjaan rumah terutama pengelolaan sampah.

"Saya berharap warga bisa lebih sadar tentang pentingnya pengelolaan sampah, air, dan sungai. Sungai yang dikelola dengan baik bisa menjadi potensi wisata yang luar biasa,” ungkap Alawi menjelaskan.

Ke depan kata Alawi, pihaknya segera mengeluarkan peraturan bagi warga untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, dengan adanya program KKN berharap dapat mensosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga tercipta Desa Wisata yang mampu mendongkrak perekonomian lokal.

"Wisata Gunung Leusing dan Curug mudah-mudahan bulan ini bisa berjalan. Apa yang selama ini diajarkan dan dicurahkan, mudah-mudahan menjadi ladang pahala dan bermanfaat bagi bangsa dan agama,” tambahnya.

Narasumber seminar, Rudi Hidayat, menekankan pentingnya pengelolaan wisata yang baik agar tidak merusak lingkungan dan budaya lokal. Menurutnya, penting untuk menampilkan kekhasan masyarakat Bogor sebagai daya tarik selama tidak melanggar norma dan agama.

"Konsep wisata adalah perjalanan yang memberikan pengalaman baru sekaligus membangun ekonomi. Kita harus berani menampilkan ciri khas orang Bogor khususnya Desa Gobang, namun tetap menjaga norma dan budaya. Jangan sampai wisatawan yang datang justru menghilangkan budaya Gobang,” kata Rudi selaku Dinas Kanit Desa Wisata Kabupaten Bogor itu.

Sementara itu Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor, Abbas Helmy menyatakan, bahwa perlu kesiapan matang untuk Desa Gobang dijadikan desa wisata. Selain itu, keterlibatan masyarakat untuk membangun sekaligus merasakan manfaatnya.

"Tujuan kita semua adalah memajukan masyarakat dan menggali potensi lama yang terlupakan, seperti pertanian. Desa wisata akan menjadi jati diri Desa Gobang,” terang Helmy saat menyampaikan materi.

Sebagai informasi, peserta KKN sebelumnya telah melakukan berbagai kunjungan wisata yang ada di Desa Gobang, di antaranya; Wisata Edukasi Pertanian, Wisata Air Terjun, Curug Pabuaran, Curug Congcorang, Gunung Eusing dan Olahan Makanan Tradisional. Masih terdapat tempat wisata lain yang ada di Desa Gobang belum dikunjungi.

Hadir pada kesempatan tersebut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Unusia Andi Aljabar, seluruh peserta KKN, Ketua RT dan Ketua RW se-Desa Gobang. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Mahasiswa KKN Unusia Seminar Ekonomi masyarakat Ecotourism Desa Gobang Bogor