Mahasiswa Pekesrek UNESA Gelar PKL di RSUD dr. Soetomo 

Editor: Shinta Miranda

13 Desember 2022 04:27 13 Des 2022 04:27

Thumbnail Mahasiswa Pekesrek UNESA Gelar PKL di RSUD dr. Soetomo  Watermark Ketik
Potret kegiatan PKL yang dilakukan mahasiswa Penkesrek UNESA di dr. Soetomo. (Foto: dok. pribadi) 

KETIK, SURABAYA – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi (Penkesrek), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), yang dibimbing oleh Yetty Septiani Mustar, S.K.M., M,P,H. melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di Sport Clinic Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo, Surabaya.  

Tim PKL terdiri dari Nanda Agil Bagus Wicaksono, Gallant Assad Fahmirza, dan Frilia Windi Ega Putri. Ketiga mahasiswa ini melakukan PKL mulai dari tanggal 5 September hingga 30 November 2022. 

Yetty Septiani selaku dosen pembimbing mengungkapkan bahwa PKL memiliki tujuan untuk mengasah keilmuwan dan kemampuan teoritik dalam konsep terapan. Bagi mahasiswa, PKL adalah kegiatan yang sangat penting sebelum terjun di dunia kerja. 

"Pelaksanaan praktik kerja lapangan bertujuan untuk menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan mengenai dunia kerja yang profesional sesuai dengan bidangnya, meningkatkan softskill-hardskill mahasiswa, serta memberikan pengalaman kerja praktis," ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Nanda Agil Ketua Kegiatan PKL, menjelaskan kegiatan atau tugas tugas PKL selama mulai PKL hingga selesai praktek kerja lapangan di perusahaan tersebut. Pada bagian ini bisa dicantumkan juga waktu, tempat, serta materi kegiatan PKL. 

"Selama melaksanakan PKL, kami  melakukan berbagai analisis dan diskusi mengenai cedera pada atlet dengan didampingi oleh berbagai dokter professional seperti spesialis Orthopedi, Radiologi, dan Rehabilitasi Medik," papar Nanda Agil. 

Agil juga menjelaskan selain itu dalam melakukan PKL, mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai pencegahan dan pengendalian infeksi, peningkatan mutu dan keselamatan pasien, serta kesehatan keselamatan kerja rumah sakit (K3RS).

Dalam melakukan PKL, ketiga mahasisiswa UNESA tersebut disambut baik oleh RSUD dr. Soetomo Surabaya serta didukung penuh oleh Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, sehingga kedua instansi tersebut menjalin kerjasama lebih lanjut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa Pekesrek dr. Soetomo RSUD PKL