Manfaat Menggunakan Tanaman untuk Menghadirkan Udara Segar di Rumah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

5 Desember 2023 06:06 5 Des 2023 06:06

Thumbnail Manfaat Menggunakan Tanaman untuk Menghadirkan Udara Segar di Rumah Watermark Ketik
Ilustrasi penataan tanaman di rumah. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi kamu yang hidup di perkotaan yang penuh dengan polusi dan kegiatan yang begitu padat terkadang saat libur ingin menghabiskan waktu di rumah.

Sembari menonton tv, membaca buku atau bermain game. Terlebih, lagi memang polusi di luar sana juga sudah di taraf mengkhawatirkan. Tentu tak ada salahnya sesekali mengambil waktu dengan berdiam diri di rumah.

Untuk mendapatkan momen me time di rumah yang sempurna, tentu kita harus memastikan kualitas udara rumah biar tetap segar. Untuk mendapatkannya bisa dengan Air Conditioner atau juga bisa dengan Air Purifier.

Akan tetapi selain kedua alat tersebut kamu juga dapat memilih hal yang lebih alami, seperti menggunakan tanaman yang dapat memberikan udara segar.

Seperti yang kita tau tanaman memang dapat menjernihkan udara. Dengan praktik fotosintesis, tanaman menyerap (absorpsi) senyawa beracun dan mengubahnya jadi oksigen, serta menyerap gas beracun dari udara.

Ketua NASA Clean Air Study, B. C. "Bill" Wolverton, menuliskan pada laporannya pada 1989 bahwa tanaman adalah solusi yang ekonomis dan potensial untuk menghilangkan polusi udara dalam ruangan. Bill dan tim juga melihat kemampuan tanaman untuk menghilangkan Volatile Organic Compound (VOC) (senyawa organik yang mudah menguap) dan potensinya untuk digunakan di luar angkasa.

Mungkin, satu atau dua tanaman tidak akan membuat perbedaan signifikan pada kualitas udara dalam ruangan. Akan tetapi, sebuah penelitian di Iran pada 2020 yang diterbitkan di Journal of Environmental Management menjamin keampuhan tanaman dalam bentuk dinding hijau untuk kualitas udara.

Para ilmuwan Iran menemukan bahwa kumpulan tanaman dapat membentuk dinding hijau dalam ruangan. Dengan begitu, kualitas udara dalam interior bangunan dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, dalam jumlah banyak, tanaman dapat meningkatkan kualitas udara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tanaman Hias udara segar rumah Air Purifier AC Volatile Organic Compound