Menikmati Indahnya Pemandian Sendang Seruni yang Nyaman dan Asri

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

8 Juni 2024 05:20 8 Jun 2024 05:20

Thumbnail Menikmati Indahnya Pemandian Sendang Seruni yang Nyaman dan Asri Watermark Ketik
Wisata pemandian Sendang Seruni. (Foto: Instagram @banyuwangi_favorit)

KETIK, BANYUWANGI – Wilayah paling timur Pulau Jawa yakni Kabupaten Banyuwangi sejak dahulu dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Bermacam objek wisata tersedia mulai dari pantai, gunung hingga seni budaya.

Salah satu destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan adalah Wisata Alam Sendang Seruni, yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Disini wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan perpaduan antara pemandian alami dengan hijaunya dataran tinggi yang masih hijau dan asri.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, di masa lalu, tempat ini mungkin dianggap sebagai tempat yang sakral untuk ritual atau pemujaan. Namun, seiring berjalannya waktu, pesona alaminya semakin terungkap, menarik pengunjung dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan dan ketenangan yang ditawarkan.

Ketua Pokmas Sendang Seruni, Karsono mengatakan dahulu tempat mengalirnya sumber mata air di Sendang Seruni berasal dari pegunungan di ujung barat Desa Wisata Tamansari. Dari mata air tersebut kemudian tercipta sebuah danau yang airnya sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk mandi.

"Menurut nenek moyang dahulu Sendang Seruni pernah dibuat mandi para bidadari, sehingga dipercaya bisa membuat awet muda," kata Karsono.

Sebelum berkembang menjadi wisata favorit seperti sekarang, dahulu Sendang Seruni lokasinya berasa di tengah hutan. Karena lokasinya yang cukup sulit tempat ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baru kemudian pada 2014 secara swadaya Sendang Seruni di pugar dan dikelola oleh masyarakat setempat untuk dibuka sebagai tempat wisata.

"Wisata ini dibuka pada tahun 2014, kemudian sangat dikenal dan mulai ramai pengunjung pada tahun 2019 hingga sekarang. Alhamdulilah adanya Sendang Seruni ekonomi masyarakat terangkat," tambahnya.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata ini, dapat menempuh perjalanan sekitar 20 km dari pusat Kota Banyuwangi. Setelah tiba wisatawan dapat berjalan selama 5 menit.

Bagi pengguna kendaraan roda empat perjalanan harus ditempuh lebih lama kurang lebih 10 menit karena lokasi parkir yang lebih jauh akibat akses yang terbatas untuk kendaraan roda empat.

Setelah sampai di lokasi wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang. Untuk fasilitas terdapat kolam untuk orang dewasa dan anak-anak. Wisata Sendang Seruni bisa dikunjungi mulai Selasa-Minggu. Dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Semua kebutuhan pengunjung sudah dilengkapi pihak pengelola, mulai penjaga, sewa ban, area parkir, kamar mandi, lapak pedagang hingga gazebo untuk beristirahat. Sehingga Sendang Seruni sangat rekomendasi buat liburan kalian.(*)

Tags:

wisata Pemandian Sendang Seruni Alam pegunungan Mata air