Menikmati Libur Nataru Sambil Bernostalgia di Len Jhelen Ka Djember Djadoel

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

26 Desember 2023 12:18 26 Des 2023 12:18

Thumbnail Menikmati Libur Nataru Sambil Bernostalgia di Len Jhelen Ka Djember Djadoel Watermark Ketik
Salah satu pengunjung, Nanik, memainkan alat musik tradisional (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) bisa dimanfaatkan dengan wisata nostalgia yang masih berada di pusat kota Kabupaten Jember.

Salah satunya dengan menghadiri acara “Len Jhelen Ka Djember Djadoel” atau artinya jalan-jalan ke Jember jadul ini yang digelar di Jember Mini Zoo, Kaliwates, Jember selama empat hari pada 25-28 Desember 2023.

Perhelatan tersebut mengajak para pengunjung untuk bernostalgia mengenang sensasi tempo dulu termasuk mengenal zaman di era 80-an.

"Pengunjung bisa langsung merasakan kembali euforia jaman dulu dengan makanan dan barang antik yang ada,” jelas Arief Febriyanto selaku General Manager Jember Mini Zoo.

Sebuah halaman di Jember Mini Zoo disulap dengan nuansa tempo dulu yang menghadirkan berbagai koleksi benda antik berusia puluhan tahun. Ada patung, kamera, piringan musik, koin, dan masih banyak lainnya yang dipamerkan.

Dengan latar bangunan tempo dulu dan pengelola yang mengenakan batik, menambah pengalaman wisata masa lalu para pengunjung. Nuansa jadul juga semakin kental ketika lantunan lagu-lagu tradisional diputar untuk menemani bernostalgia.

Foto Pengunjung memotret barang-barang antik yang ada di Djember Djadoel di Jember Mini Zoo (26/12/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Pengunjung memotret barang-barang antik yang ada di Djember Djadoel di Jember Mini Zoo (26/12/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Menurut Nanik, salah satu pengunjung, banyak sekali yang dapat dijumpai di Jember jadul ini. Yang menarik perhatiannya pengolahan tembakau secara tradisional yang dihadirkan oleh Museum Tembakau.

Termasuk makanan tradisional kesukaannya juga ada, yaitu nagasari dan mendut. Menikmati suasana itu, ia seolah-olah kembali zaman lampau ketika masih kecil. 

“Banyak sekali yang bisa dilihat dari pameran barang jadul seperti piringan hitam, uang kuno dan pengolahan tembakau yang alat-alatnya masih jadul. Seolah-olah saya kembali ke masa lampau,” ujar Nanik.

Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis jajanan tradisional seperti cenil, jenang, iwel-iwel, klepon, es dawet, dan masih banyak lagi yang disajikan di beberapa stan UMKM.

Selain makanan, pengunjung juga dapat mencoba belajar membatik di stan batik. Mencoba permainan tradisional seperti egrang, bakiak, serta permainan lainnya.

Juga ada alat musik tradisional seperti angklung dan gambang yang dapat dimainkan oleh pengunjung.

Uniknya, bila pengunjung ingin membeli makanan atau oleh-oleh khas Jember lainnya, harus menukar uang mereka dengan koin kayu untuk setiap transaksi. Satu koin kayu senilai dengan uang Rp 5.000.(*)

Tombol Google News

Tags:

Djember Djadoel wisata nostalgia Jember Jember Mini Zoo libur Nataru