Menjaga Kolesterol Tubuh setelah Santap Hidangan Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

25 April 2023 03:00 25 Apr 2023 03:00

Thumbnail Menjaga Kolesterol Tubuh setelah Santap Hidangan Lebaran Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto:Freepik)

KETIK, JAKARTA – Saat Hari Raya Idul Fitri kita pasti disuguhkan berbagai hidangan lezat di atas meja. Tentu saja hal ini akan membuat kita makan dengan lahap, yang nantinya dapat meningkatkan kadar kolesterol kita.

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengimbangi asupan nutrisi yang masuk ke tubuh, terutama untuk nutrisi yang juga bermanfaat menurunkan kolesterol.

Ada beragam makanan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh setelah menyantap berbagai hidangan Lebaran. Aneka makanan ini ada baiknya dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah berbagai makanan yanh dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh.

 

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya vitamin C dan antioksidan terbaik untuk tubuh. Sayuran ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Cara mengolahnya cukup mudah, bisa dengan direbus atau dimakan langsung sebagai salad atau jus.

2. Bayam

Sayuran selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol adalah Bayam. Sayur ini kaya akan serat dan tinggi nutrisi yang baik bagi tubuh.

3. Terong

Hal ini berlaku untuk semua jenis terang, baik ungu maupun hijau. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi baik dan dapat mencegah risiko stroke, penyakit jantung, diabetes hingga penyakit berbahaya sejenis.

4. Wortel

Sayuran berwarna orange ini mengandung banyak Beta Karoten. Beta Karoten adalah sejenis antioksidan yang dapat menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi wortel secara rutin, bahkan bisa membantumu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. 

5. Okra

Okra adalah sayuran yang cepat menurunkan kolesterol. Okra adalah sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Studi yang dilakukan ahli di tahun 2014 menemukan jika okra bisa membuang kolesterol jahat dalam tubuh lewat feses.(*)

Tombol Google News

Tags:

sayuran kolesterol kesehatan makanan Idul Fitri