Meriahkan HUT Ke-79 RI, SMAN 1 Gondangwetan Tampil Memukau di Carnival On The Street

Kontributor: Vicky Zulfikar Ali
Editor: Mustopa

1 September 2024 12:29 1 Sep 2024 12:29

Thumbnail Meriahkan HUT Ke-79 RI, SMAN 1 Gondangwetan Tampil Memukau di Carnival On The Street Watermark Ketik
Penampilan memukau teater SMAN 1 Gondangwetan di Carnival On the Street dalam rangka HUT ke-79 RI (Foto: Vicky Zulfikar Ali/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – SMA Negeri 1 Gondangwetan mengadakan SMAGONTA Carnival On The Street bertemakan "Gemilang Indonesia, Semangat Juang Pemuda, Masa Depan Negara" pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Karnaval dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI ini dihadiri langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Pasuruan Raya, Erwan Tjahjono dan Kepala Seksi SMA Cabang Dinas Pendidikan Pasuruan Sungko Widipto.

Hadir pula personel Polsek Keboncandi yang melakukan pengamanan sehingga karnaval berjalan lancar dan meriah. 

Rute perjalanan yang dilewati para peserta karnaval mulai Lapangan Tebas dan berakhir di Lapangan Karangsentul, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan.

Tim teater SMAN 1 Gondangwetan tampil memukau saat memeragakan peristiwa pertempuran Surabaya 10 November 1945. Pertempuran yang terjadi antara arek-arek Suroboyo melawan penjajah hingga aksi fenomenal perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya.

Aksi teatrikal ini menarik perhatian para penonton di sepanjang rute karnaval. Tidak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen ini.

Beberapa dari mereka ikut berfoto bersama para peserta karnaval yang berasal dari kelas X hingga XII serta ekstrakulikuler SMAN 1 Gondangwetan. Acara semakin meriah dengan penampilan grup drumband dari SMPN 1 Gondangwetan.

Menariknya, pada karnaval tahun ini, kostum yang dikenakan para peserta tidak hanya pakaian adat Indonesia. Tapi ada yang memakai pakaian kerajaan bahkan ada kostum wayang dan Timur Tengah.

Antusiasme dan kebersamaan juga terlihat di antara peserta mencerminkan semangat kemerdekaan yang masih berkobar.

Asmaul Husna, salah satu guru SMAN 1 Gondangwetan mengaku bahwa karnaval budaya ini baru pertama kalinya digelar oleh sekolahnya.

"SMAN 1 Gondangwetan sebelumnya juga pernah mengikuti karnaval tingkat kecamatan pada 2011. Tahun ini, SMAGONTA akhirnya bisa menggelar karnaval mandiri," ungkapnya.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

SMAN 1 Gondangwetan HUT ke-79 RI Pertempuran 10 November 1945 Karnaval SMAGONTA Carnival On the Street