Momen Haru Pengukuhan 200 Anggota Pramuka Garuda Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

19 Agustus 2023 06:24 19 Agt 2023 06:24

Thumbnail Momen Haru Pengukuhan 200 Anggota Pramuka Garuda Kota Malang Watermark Ketik
Momen haru orang tua saat menyematkan penghargaan Pramuka Garuda pada anaknya (Foto: Lutfia/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Momen pengukuhan 200 lebih anggota Pramuka Garuda Kota Malang berlangsung haru. Pasalnya penyematan piagam Pramuka Garuda kepada insan Pramuka dilakukan langsung oleh masing-masing orang tua.

Beberapa orang tua pun terlihat tak kuasa membendung air mata usai penyematan yang dilakukan di hadapan Wali Kota Malang dan perangkat daerah lainnya.

Salah satu orang tua, Yanti Kusrini bangga dengan pencapaian anaknya. Ia mengaku anaknya yakni Andrea Dinata siswa SMP Sabilillah Kota Malang sangat antusias tiap mengikuti kegiatan Pramuka.

"Anak saya sampai gladi bersih hari kelima sangat semangat di Rampal. Alhamdulillah saya bangga karena dari SD ikut pramuka. Di SMP sekarang lebih maju lagi pramukanya," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Malang pada Sabtu (19/8/2023).

Bagi Yanti, kegiatan Pramuka sangat memengaruhi kepribadian anaknya saat di rumah. Ia berharap anaknya dapat lebih mandiri dan memiliki karakter yang kuat.

"Karakter anak saya jadi terpengaruh. Saat diberikan job desk yang di rumah pasti dilaksanakan. Saya berharap semua anak-anak lebih mandiri, lebih kuat menghadapi dunia ke depannya," lanjutnya dengan berlinang air mata.

Sementara Faris Maulana dari SMA Islam Malang senang dengan perjuangan yang selama ini ia lakukan. Butuh waktu lebih dari dua bulan untuk berhasil menempuh predikat Pramuka Penegak Garuda.

"Rasanya senang, dari perjuangan saya yang lama sekali untuk mendapatkan penghargaan, akhirnya bisa didapatkan. Agak terharu sih," ungkapnya.

Foto Penyematan penghargaan Pramuka Garuda oleh orang tua (foto: Lutfia/ketik.co.id)Penyematan penghargaan Pramuka Garuda oleh orang tua (foto: Lutfia/ketik.co.id)

Pramuka Garuda merupakan tingkatan paling atas dalam kepramukaan. Ia berharap dapat mengabdikan hidupnya pada masyarakat.

"Harapannya bisa mengabdi dan memberi contoh kepada masyarakat. Tingkatan Pramuka Garuda ini sudah paling atas, paling akhir di setiap golongan. Kalau di golongan saya penegak," tambahnya.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang Heri Sunarko, menyampaikan bahwa Pramuka Garuda merupakan bentuk penghargaan dari World Organisation Scout Movement (WOSM). Pada pita yang dimiliki Pramuka Garuda tertulis kalimat 'setia, siap, sedia.'

"Kalau di Indonesia namanya Pramuka Garuda, tapi di dunia namanya Eagle Scout. Jadi penerimanya semuanya sama, untuk pramuka seluruh Indonesia dan dunia juga ada. Berlaku secara internasional," paparnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Kota Malang Pramuka Garuda Pramuka Kota Malang