Nihil Kecelakaan Kerja, PLN NP Raih 76 Penghargaan dari Kemenaker

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

27 Juni 2023 08:52 27 Jun 2023 08:52

Thumbnail Nihil Kecelakaan Kerja, PLN NP Raih 76 Penghargaan dari Kemenaker Watermark Ketik
Menaker Ida Fauziah memberikan penghargaan kepada Dirut PLN NP, Rully Firmansyah. (Foto: dok PLN NP)

KETIK, SURABAYA – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyerahkan 76 penghargaan kepada PT PLN Nusantara Power untuk  Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Awards 2023 di Jakarta. Penghargaan merupakan komitmen entitas menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan itu meliputi empat kategori yang mencakup kecelakaan nihil (zero accident) diraih 40 unit dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)  diraih 12 unit.

Selain itu, Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 diraih 17 unit, serta Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS meraih  tujuh unit. Adapun seluruh pembangkit PLN NP yang dianugerahi penghargaan berjumlah 41 unit.

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan dalam meningkatkan K3, dengan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menerapkan dengan baik,” kata Ida Fauziyah dalam siaran pers melalui PLN NP, Selasa (27/6/2023).

Sementara itu, Direktur Utama PLN Nusantara Power, Rully Firmansyah mengungkapkan penghargaan ini diberikan kepada unit pembangkit yang telah memenuhi kriteria. Yakni beberapa unit pembangkitan telah menjalankan operasi dengan mengutamakan aspek keselamatan sesuai kriteria dari Kemenaker.

“Penghargaan ini menjadi motivasi dan pengingat kami untuk terus secara kontinyu menjaga aspek K3. Kami juga akan menaikan kinerja kami, agar unit lain segera mendapatkan penghargaan serupa,” ujar Rully.

PLN NP akan terus berkomitmen memproduksi listrik berkualitas. Rully menegaskan akan tetap berpedoman pada implementasi environment, social, and governance (ESG), yang terintegrasi unit pembangkit. Penerapan aspek ESG upaya perusahaan memberikan nilai tambah, serta dukungan pada program pemerintah.

PLN NP juga telah menerapkan digitalisasi pada aspek K3 melalui inovasi I-ZAT dan I-Diagnostic. I-ZAT (zero accident assistant application) merupakan aplikasi untuk mengoptimalkan seluruh proses bisnis bidang K3 dalam bentuk aplikasi. (*)

Tombol Google News

Tags:

PLN NP PLN Nusantara Power pembangkitan K3 Kemenaker Kementerian Ketenagakerjaan