Ono Surono: Jawa Barat Tolak Kedatangan Timnas Bola Israel

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Akhmad Sugriwa

22 Maret 2023 09:03 22 Mar 2023 09:03

Thumbnail Ono Surono: Jawa Barat Tolak Kedatangan Timnas Bola Israel Watermark Ketik
Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono. (Foto: Onsu)

KETIK, BANDUNG Pada gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang berlangsung di Indonesia, tercatat ada Israel sebagai peserta di antara negara-negara lainnya.

Menangapi kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20, Ketua DPD Perjuangan Provinsi Jawa Barat, Ono Surono menyatakan penolakannya.

"Saya baik sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, anggota DPR RI, serta warga Jawa Barat menyampaikan penolakan kehadiran Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia," tandas Ono Surono dalam rilisnya, Rabu (22/3/2023).

Lebih dari itu, Ono pun mengajak masyarakat Jawa Barat dan Indonesia untuk bersama-sama menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Indonesia untuk menolak kehadiran Timnas Bola U20 Israel di Indonesia.

Menurut Ono, Israel yang saat ini masih melakukan “penjajahan” atas Palestina dengan mengambil alih wilayah Palestina sampai menghilangkan banyak nyawa.

Indonesia memiliki politik luar negeri bebas aktif yang didasari atas kalimat “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial” sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1946.

“Sehingga siapapun negara yang masih berperilaku sebagai penjajah dan melanggar Hak Azasi Manusia, maka patut dijadikan musuh Indonesia dan tidak pantas untuk berada diatas Bumi Nusantara,” tandas Onsu, sapaan Ono Surono.

Dari dulu hingga sekarang pun, lanjut Onsu, tidak ada hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel. Secara resmi seringkali Presiden Republik Indonesia mengutuk aksi kejahatan dan penjajahan Israel terhadap Palestina.

“Bung Karno pun mempunyai prinsip, “tidak akan mengakui Israel sebelum memerdekakan Palestina”. Apabila Kita terima kehadiran Israel di Indonesia, maka sama halnyakKita mengakui dan menyetujui perbuatan Israel tersebut,” tegas Onsu.

Secara khusus ia pun menyampaikan himbauan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membuat surat resmi kepada Pemerintah Pusat, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, PSSI dan siapapun lembaga yang berkaitan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia, yang isinya menolak kehadiran Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia

Seperti diketahui Indonesia menjadi negara tuan rumah Piala Dunia U-20 dan sudah mengajukan enam provinsi sebagai tuan rumah yaitu Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatra Selatan.(*)

Tags:

Piala Dunia U-20 Piala dunia pdi perjuangan jabar ono surono sepakbola
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1