Operasi Katarak Bakti Kesehatan Polda DIY Sambut Hari Bhayangkara ke-78

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: M. Rifat

24 Juni 2024 01:46 24 Jun 2024 01:46

Thumbnail Operasi Katarak Bakti Kesehatan Polda DIY Sambut Hari Bhayangkara ke-78 Watermark Ketik
Bakti Kesehatan Polda DIY bekerja sama dengan PERDAMI Yogyakarta untuk melakukan operasi katarak (23/6/2024). (Foto: Bidhumas Polda DIY)

KETIK, YOGYAKARTA – Menyambut Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 pada 1 Juli, Polda DIY menggelar Bakti Kesehatan. Salah satunya ialah operasi katarak secara gratis dengan sasaran masyarakat umum. Acara dilaksanakan pada Minggu (23/6/2024).

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, SIK, MH dalam keterangan tertulisnya mengatakan, selain mengemban misi penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Polri juga bertugas melayani dengan hati untuk mengemban misi kemanusiaan.

Peserta yang mengikuti operasi katarak di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY ini sebanyak 45 orang. "Semenjak pendaftaran dibuka tanggal 10 Juni kemarin. Terhitung sebanyak 86 orang telah mendaftar untuk mengikuti operasi katarak ini," terangnya.

Namun, dari sekian pendaftar tersebut, menurut Kombes Nugroho, terdapat 45 orang yang berhasil lolos skrining kesehatan yang dilakukan sebelum terlaksananya operasi.

Lebih lanjut Kombes Nugroho mengungkapkan untuk menyelenggarakan acara tersebut Polda DIY bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Yogyakarta, FK-KMK UGM, dan BAZNAS.

Kabidhumas Polda DIY ini berharap dengan adanya operasi katarak tersebut bisa membantu serta bermanfaat bagi masyarakat terutama di wilayah Yogyakarta. Ia sebutkan pula jajaran Polda DIY akan selalu berupaya memberikan layanan terbaik dan tentunya dengan sepenuh hati untuk seluruh peserta atau masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, Bakti Kesehatan yang digelar oleh Polda DIY ini juga dihadiri secara langsung oleh Prof dr Suhardjo, SU., SP M (K) pengurus PERDAMI Cabang Yogyakarta.

Untuk diketahui, katarak merupakan penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati. Penyakit ini antara lain ditandai pandangan mata kabur karena kondisi lensa mata keruh dan berawan. Proses penuaan atau trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata juga menjadi penyebab katarak yang paling umum ditemui.

Memang seiring bertambahnya umur, lensa mata menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel. Operasi katarak sendiri merupakan prosedur bedah untuk mengangkat lensa mata yang keruh akibat katarak. Serta menggantinya dengan lensa buatan. (*)

Tags:

Operasi Katarak Bakti Kesehatan kesehatan Polda DIY Hari Bhayangkara Ke-78 Perdami Bidhumas Polda DIY
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1