Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan, Cara Dispangtan Kota Malang Tanggulangi Stunting

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

24 November 2023 07:19 24 Nov 2023 07:19

Thumbnail Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan, Cara Dispangtan Kota Malang Tanggulangi Stunting Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat meninjau pasar murah di Kantor Kecamatan Lowokwaru. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggelar pasar murah untuk produk laut dan perikanan pada Jumat (24/11/2023). Kegiatan tersebut menyasar warga Kecamatan Lowokwaru, salah satunya untuk menekan angka stunting di Kota Malang

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menjelaskan, kegiatan pasar murah tersebut bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur. Selain penurunan stunting, kegiatan pasar murah sekaligus dalam rangka menekan harga bahan pokok di pasaran.

"Harapannya produk ikan bisa dinikmati warga Kota Malang. Terutama beberapa produk ikan sulit juga pengolahannya. Selain bisa menekan harga bahan pokok, juga terkait program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Bisa meningkatkan gizi dan bisa menurunkan stunting," ujar Wahyu usai meninjau pasar murah di Kantor Kecamatan Lowokwaru.

Dalam kegiatan tersebut tak hanya menjual beragam ikan dalam bentuk frozen, namun juga produk-produk olahan ikan lainnya. Bahkan belum sampai siang hari, banyak stan-stan yang telah kehabisan produk.

"Saya lihat beberapa produk perikanan ini pengolahannya cukup bagus, cukup banyak, dan termasuk juga yang dari frozen itu sudah habis. Tadi baru dibuka aja sudah habis, saya belum datang juga sudah habis," lanjutnya.

Pihaknya berharap pasar murah untuk produk-produk kelautan dan perikanan mampu digelar lebih rutin lagi. Selain meningkatkan konsumsi makanan sehat, masyarakat dapat terfasilitasi dengan harga produk yang lebih murah.

"Nanti saya minta per kecamatan, dan akan kerjasama antara Dispangtan dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) untuk bisa menekan harga terutama harga bahan pokok," tambahnya.

Tak hanya produk kelautan dan perikanan, dalam pasar murah tersebut juga menyediakan bahan pokok lain seperti beras, minyak goreng, telur, dan lainnya. Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan menjelaskan kegiatan pasar murah akan dilaksan hingga akhir Desember 2023. 

"Kegiatan ini sampai akhir Desember 2023 akan terus kita laksanakan. Sementara yang dari Provinsi tahun ini ada 4 lokasi di Kabupaten dan Kota yang dipilih Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi. Pelaksanaannya hari ini di Kecamatan Lowokwaru, insyaallah minggu depan di Kecamatan Sukun dan Klojen," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Murah produk kelautan dan perikanan Gemarikan gemar makan ikan Stunting Kota Malang Kota Malang Dispangtan Kota Malang