Pasar Rakyat Modern Segera Dibangun di Kawasan TMP Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

27 Mei 2024 09:30 27 Mei 2024 09:30

Thumbnail Pasar Rakyat Modern Segera Dibangun di Kawasan TMP Kota Malang Watermark Ketik
Kawasan eks playground yang ada di area TMP Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pasar rakyat modern sedang direncanakan untuk dibangun di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Malang. Tepatnya berada di lahan bekas playground. Kawasan tersebut akan diusung menjadi kuliner makerspace dengan menggandeng investor. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Persagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi. 

"Ini ada seseorang yang saya dengar ingin membangun suatu tempat, seperti pusat kuliner makerspace gitu di sana. Mulai dari produsen sampai ke tingkat konsumen," ujar Eko, Senin (27/5/2024). 

Eko menyebut rencana tersebut datang dari seorang pengusaha Kota Malang yang giat mengusung ekonomi mikro. Ia berharap Pasar Rakyat Modern tersebut mampu membangkitkan ekosistem ekonomi dan investasi di Kota Malang. 

"Orang itu pengusaha asal Kota Malang, akan kita ajak diskusi karena dia sangat konsen di ekonomi mikro," lanjutnya. 

Eko masih perlu melakukan pertemuan dengan pihak tersebut untuk mengetahui konsep yang diterapkan. Terlebih sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat bahwa daerah harus membuka peluang investasi. 

"Nanti akan kita panggil konsepnya apa, dan bagaimana. Kita kan tidak bisa menghambat, menghalangi atau melarang orang untuk berinvestasi. Karena presiden sudah mengimbau bahwa dibuka seluas-luasnya para investor, untuk membuat investasi di daerah," tambahnya. 

Rencana tersebut akan direalisasikan pada tahun 2024 ini. Namun Eko masih harus memastikan kepemilikan aset di lahan eks playground itu. 

"Tahun ini rencananya, harus kita support. Apalagi itu membangkitkan ekonomi. Sifatnya dia investasi, membangun. Akan membangun suatu sistem ekonomi mikro. Lahan di situ aset siapa saya belum tahu, bukan milik pemerintah," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Taman Makam Pahlawan TMP Kota Malang Lahan Eks Playground Kota Malang Pasar Rakyat Moder Kuliner Makerspace Diskopindag Kota Malang