PDIP Bakal Keluarkan Nama Penantang Khofifah di Pilgub Jatim pada Akhir Juli

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

10 Juli 2024 19:25 10 Jul 2024 19:25

Thumbnail PDIP Bakal Keluarkan Nama Penantang Khofifah di Pilgub Jatim pada Akhir Juli Watermark Ketik
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari saat memperingati Hari Lahir Pancasila. (Foto: Instagram @untaribisowarno)

KETIK, SURABAYA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengumumkan penantang Petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada akhir Juli 2024.

Pernyataan itu diutarakan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari
dalam acara 'Bincang Politik Pilgub Jatim Mencari Penangang Khofifah-Emil' pada Rabu (10/7/2024).

Untari menegaskan kalau PDIP tidak kurang kader untuk bisa maju di Pilkada Jatim 2024. Ia pun menyebut nama menteri dari PDIP seperti halnya Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Di PDIP itu tidak kurang figur. Saya ada banyak pertanyaan kok tidak Bu Risma? Memang dari 2018 surveinya tinggi. Tapi waktu itu beliau masih ingin meneruskan di Wali Kota Surabaya," ujarnya.

Saat ini nama Risma kembali muncul jelang Pilkada Jatim 2024. Bahkan, Wali Kota Surabaya periode 2010 - 2020 tersebut dikaitkan dengan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuqi Mustamar.

Selain nama-nama menteri dari PDIP yang memiliki potensi untuk maju Pilkada Jatim 2024, Untari juga menyebut nama anggota DPR RI seperti Krisdayanti dan Ahmad Basarah.

"Di DPR kita PDIP ada Mbak Krisdayanti, atau juga ada Pak Basarah," katanya.

Untari menegaskan PDIP Jatim menunggu arahan langsung dari DPP PDIP yang merujuk pada hak prerogatif yang akan diambil oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Karena, Jatim merupakan provinsi yang strategis bagi PDIP.

Ia menambahkan Kongres PDIP ada tertuang AD/ART ketum memiliki hak prerogatif. Jawa Timur ini provinsi strategis. Dalam sisi ekonomi, pemegang 14 persen ekonomi, kedua setelah DKI.

"Penduduknya kedua setelah Jawa Barat. Pemilihnya 31 juta orang. Hal strategis ini perlu kajian, tela'ah, sounding, mendengarkan suara masyarakat, kalau harus diputuskan, kita tidak ingin salah pilih," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PDIP Khofifah Indar Parawansa Emil Elestianto Sekretaris DPD PDI Perjuangan  Jawa Timur Sri Untari Pilgub Jatim