Pedagang Pasar Comboran Minta Pemkot Malang Segera Tangani Atap Pasar

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

27 September 2024 15:03 27 Sep 2024 15:03

Thumbnail Pedagang Pasar Comboran Minta Pemkot Malang Segera Tangani Atap Pasar Watermark Ketik
Petugas yang melakukan pembersihan terhadap kerangka mobil bekas terbakar. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pedagang di Pasar Comboran meminta Pemerintah Kota Malang segera mencari solusi masalah atap yang bocor dan berlubang. Pasalnya akibat kebakaran kemarin banyak atap yang hilang sehingga membuat banjir saat turun hujan. 

Ketua Paguyuban Pasar Comboran Kota Malang, Samidi menjelaskan akibat banjir, lantai satu pasar mengalami kondisi yang cukup parah. 

"Setelah musibah kebakaran dua minggu yang lalu, Pasar Comboran Barat juga kena musibah banjir. Tiga hari hujan kemarin, lantai bawah sudah seperti sawah semua," ujarnya, Jumat 27 September 2024. 

Dari pantauan di lokasi, masih banyak genangan air yang menutupi lantai di Pasar Comboran, khususnya lantai tiga belas terbakar. Tak jarang ditemukan baju-baju sisa jualan pedagang digunakan untuk mengeringkan lantai yang basah. 

Foto Genangan air yang masih tersisa di dalam Pasar Comboran Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Genangan air yang masih tersisa di dalam Pasar Comboran Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Tak hanya itu, banjir juga telah menghancurkan beberapa barang milik pedagang. Mengingat kondisi dinding yang retak membuat air dengan mudah merembes ke dalam kios pedagang. 

"Di depan, belakang, semua ini, airnya masuk ke dalam kios. Lantai 2 tengah kan retak-retak sehingga air masuk ke bedak-bedak. Bahkan untuk guyuran air sisa kemarin saja sampai sekarang belum surut," tambahnya. 

Ia berharap pemerintah dapat segera mengatasi persoalan atap tersebut agar air tidak menggenang di tiap lantai. Samidi juga menyayangkan Kepala Pasar yang tidak dapat bertindak cepat atas kejadian tersebut. 

"Kalau diperlukan di atas itu ditutup dulu atau air diarahkan ke saluran yang posisinya gak di dalam pasar. Bisa dikasih sudetan atau cara lain," sambungnya. 

Kini, pedagang yang terdampak tengah bersiap untuk melakukan relokasi di lantai dua. 

Pada lantai tiga masih terdapat tumpukan baju bekas terbakar. Namun sudah ada beberapa petugas yang melakukan pembersihan. Termasuk untuk membersihkan kerangka mobil yang terbakar.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Comboran Malang kebakaran Kota Malang Pasar Comboran Banjir