Peduli Korban Lahar Dingin Lumajang, Perusahaan asal AS Donasi Lewat BPBD Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

14 Juli 2023 13:30 14 Jul 2023 13:30

Thumbnail Peduli Korban Lahar Dingin Lumajang, Perusahaan asal AS Donasi Lewat BPBD Pacitan Watermark Ketik
Relawan tengah menaikkan bantuan logistik ke atas truk untuk dikirim. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru di  Lumajang, Jawa Timur terus memantik solidaritas dari berbagai pihak.

Salah satunya seperti yang dilakukan perusahaan asal Amerika Serikat yang memberikan bantuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan. Perusahaan bernama Simonida Media itu, menyalurkan bantuan logistik senilai total Rp200 juta.

Pimpinan Cabang Simonida Media Pacitan, Dian Purnama menyampaikan, semula bantuan berbentuk dolar Amerika Serikat. Sebab perusahaan tersebut berada di luar negeri. Kemudian, setelah dirupiahkan, nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

"Diberikan kepada kami sejumlah 14 ribu dolar kalau misal dirupiahkan sekitar Rp200 juta," kata Pimpinan Cabang Simonida Media Pacitan Dian, Jumat,(14/7/2023) sore.

Dian menyampaikan, bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk pakaian layak pakai, kelengkapan tidur, uang tunai dan air mineral. 

Sebanyak 20 relawan perusahaan tersebut rencananya akan memberikan trauma healing dan memberikan dukungan mental untuk korban bencana.

Diketahui, logistik dan relawan tersebut akan menuju ke BPBD Lumajang, menempuh sekitar 7 jam perjalanan, sebelum tiba di pos-pos kebencanaan.

Sementara itu, Kepala BPBD Pacitan Erwin turut mengapresiasi donasi perusahaan maupun masyarakat. Mereka tergerak hatinya untuk membantu saudara yang sedang tertimpa musibah. 

"Ini memang semboyan kita bahwa bencana itu urusan kita bersama, siapapun bisa bergerak bersama untuk mengatasi kesulitan-kesulitan mungkin dari saudara kita dari wilayah yang ada disana," 

Erwin mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tinggal di pengungsian akibat banjir lahar dingin dan longsor yang ada di Lumajang.

"Memang dampak dari banjir lahar ini sangat luar biasa," tambah Erwin.

Pacitan termasuk salah satu wilayah yang juga rawan bencana. Dari hal tersebut, Erwin menghimbau, agar seluruh masyarakat Pacitan tetap waspada. Pun harus membiasakan diri untuk rutin menambah pengetahuan tentang mitigasi bencana, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Karena yang selamat dari bencana adalah yang memiliki pengetahuan dan juga orang yang sering simulasi dalam bencana," pungkas Erwin

Dilansir dari ketik.co.id biro Lumajang, berdasarkan data BPBD Jatim per Minggu 9 Juli lalu, akibat bencana banjir lahar dingin dan longsor ini tercatat sebanyak 1.038 warga mengungsi di 18 titik pengungsian. (*)

Tombol Google News

Tags:

BPBD Pacitan Lumajang pacitan Bencana banjir Lumajang Gunung Semeru Banjir lahar dingin