Pembangunan Parkir Vertikal di Kawasan Stadion Gajayana Telan Anggaran Rp 4,3 Miliar

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

19 Oktober 2023 08:00 19 Okt 2023 08:00

Thumbnail Pembangunan Parkir Vertikal di Kawasan Stadion Gajayana Telan Anggaran Rp 4,3 Miliar Watermark Ketik
Progres pembangunan parkir vertikal di Stadion Gajayana dan MOG, Malang (19/10/2023). (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Proyek pembangunan parkir vertikal di kawasan Stadion Gajayana dan belakang Mall Olympic Garden (MOG) tengah berjalan. Dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra, pembangunan tersebut menelan anggaran Rp 4,3 miliar.

Pengerjaan sendiri telah dimulai sejak 13 Oktober 2023 lalu dan akan berlangsung selama 90 hari kerja. Ditargetkan parkir vertikal tersebut dapat selesai pada sekitar 15 Desember 2023.

"Pengerjaannya sudah mulai dari hari Jumat kemarin (13/10/2023) dengan harapan bisa tepat waktu bahkan mendahului waktunya. Namun tetap mengutamakan spek teknis, kualitas dan kuantitasnya. Rencananya 90 hari kerja tapi saya berharap bisa 70 hari," ujarnya pada Kamis (19/10/2023).

Area parkir yang terletak di lahan dengan luas 50 x 35 meter tersebut akan berdiri tegak mencapai 3 lantai. Namun pihaknya telah merencanakan konstruksi parkir dapat ditambah hingga 6 lantai.

"Nanti ada 3 tingkat, kalau ada anggaran lagi tahun depan bisa naik (jumlah lantai). Kita konstruksinya tumbuh, bisa mencapai 6 lantai. Tinggal ditambah saja," lanjut Widjaja.

Parkir vertikal di kawasan Stadion Gajayana dan MOG tersebut dapat menampung sekitar 1.100 unit motor. Diharapkan setelah berdiri, tidak ada lagi masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di badan jalan. Mengingat selama ini banyak pengunjung di MOG yang menggunakan sepanjang Jalan Tenes sebagai area parkir.

"Kalau hari minggu ada CFD ya bisa parkir di sini, karena kalau di pinggir jalan itu tidak bagus. Target kami uang ada di jalanan itu (Jalan Tenes) bisa masuk ke sini," ungkap Widjaja.

Nantinya area parkir kendaraan roda dua yang ada di depan Stadion Gajayana akan dialih fungsikan menjadi kantong parkir kendaraan roda empat. Ia berharap dengan berdirinya parkir vertikal jiga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang.

"Harapannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait penyediaan lahan parkir yang selama ini ada keterbatasan, seperti yang ada di jalanan. Dengan sendirinya mudah-mudahan dapat meningkatkan PAD," sambungnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Parkir Vertikal Stadion Gajayana MOG Malang Kota Malang Dishub Kota Malang