Pemkab Bandung Gelontorkan Rp10,4 Miliar untuk Pembangunan Jembatan Sungai Cikeruh

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

11 Agustus 2023 16:38 11 Agt 2023 16:38

Thumbnail Pemkab Bandung Gelontorkan Rp10,4 Miliar untuk Pembangunan Jembatan Sungai Cikeruh Watermark Ketik
Tumpukan sampah di bawah Jembatan Sungai Cikeruh, Jalan Sapan Desa Tegalluar Kec Bojongsoang Kab Bandung. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung menganggarkan Rp10,4 miliar dari APBD 2023, untuk pembangunan jembatan Sungai Cikeruh di Jalan Sapan Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Jembatan tersebut perlu ditinggikan sebab selalu terjadi penyumbatan sampah manakala air sungai meluap di musim hujan. Selain terjadi sumbatan sampah, akibatnya banjir kerap terjadi di Kampung Sapan Desa Tegalluar karena air sungai meluap hingga ke permukiman warga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terpilih CV Isthie yang sudah menandatangani kontrak dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung. Pihak ketiga ini keluar sebagai pemenang tender sebab menawarkan harga atau nilai kontrak terendah sebesar Rp10,4 miliar dari Rp12 miliar yang dilelangkan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menjelaskan, sebenarnya jalan raya serta jembatan di atas Sungai Cikeruh Desa Tegalluar merupakan kewenangan Pemprov Jabar. 

"Namun Pemkab Bandung sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 12 miliar untuk pembangunan Jembatan Cikeruh, kita akan tinggikan jembatannya. Dan jika Pemprov Jabar tidak memperbaiki Jalan Raya Sapan yang merupakan jalan provinsi, menurut saya lebih baik pemeliharaannya diserahkan ke Pemkab Bandung. Supaya kita urus. Supaya tidak tanggung," terang Bupati Bandung. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

sungai cikeruh jembatan PEMKAB BANDUNG BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA