Pemkab Lumajang Ajukan Bantuan Benih untuk Lahan Korban Banjir

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

27 April 2024 17:09 27 Apr 2024 17:09

Thumbnail Pemkab Lumajang Ajukan Bantuan Benih untuk Lahan Korban Banjir Watermark Ketik
Ilustrasi petani bercocok tanam padi. (Foto: medsos)

KETIK, LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur telah mengambil langkah proaktif dengan mengajukan permohonan bantuan benih untuk tanaman jagung dan padi kepada Kementerian Pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Hairil Diani mengatakan, permohonan bantuan tersebut ditujukan untuk lahan-lahan yang terdampak dengan intensitas kerusakan ringan hingga sedang akibat bencana banjir yang baru-baru ini melanda daerah tersebut.

"Dalam upaya memulihkan sektor pertanian pasca bencana, kami telah mengajukan permohonan bantuan benih ke pusat bagi lahan-lahan yang terdampak dengan intensitas kerusakan ringan hingga sedang," ujarnya, Sabtu (27/4/2024).

Langkah tersebut sebagai bagian dari strategi pemulihan sektor pertanian di Lumajang. Harapannya,  bantuan benih tersebut dapat membantu para petani untuk bercocok tanam kembali.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan pertanian dan meminimalisir dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh bencana banjir,” harapnya.

Hairil juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mendukung pemulihan sektor pertanian, serta memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat terjamin.

Pihak Dinas Pertanian Lumajang optimi dengan langkah-langkah yang telah diambil, sektor pertanian  akan segera pulih dan kembali berkontribusi secara maksimal bagi kesejahteraan petani serta ketahanan pangan daerah. (*)

Tombol Google News

Tags:

lahan pertanian didterjang banjir Lumajang Pemkab Lumajang berita lumajang hari ini