Penuhi Kebutuhan Penukaran Uang saat Idul Fitri, BI Kediri Sediakan Rp 4,8 Triliun

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

25 Maret 2024 12:21 25 Mar 2024 12:21

Thumbnail Penuhi Kebutuhan Penukaran Uang saat Idul Fitri, BI Kediri Sediakan Rp 4,8 Triliun Watermark Ketik
KPwBI Kediri Choirur Rofiq saat acara penukaran uang baru di Gor Joyoboyo Kediri, Senin (25/3/2024). (foto : Humas BI Kediri).

KETIK, KEDIRI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri menyiapkan uang layak edar (ULE) sebanyak Rp 4,8 triliun untuk memenuhi ketersediaan kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Jumlah ULE yang disediakan ini meningkat 7 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp 4,5 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri Choirur Rofiq mengatakan kenaikan jumlah ULE yang disiapkan tahun ini mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat. 

Untuk mendukung layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat, BI Kediri bersama perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang di seluruh wilayah kerja BI Kediri. 

"Jadi mulai 1 - 5 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah di 68 titik layanan kantor cabang bank umum yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPw BI Kediri," kata Rofiq Senin (25/3/2024).

Tak hanya itu, kata Rofiq mulai tanggal 1 - 4 April 2024 BI Kediri menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di kawasan Simpang Lima Gumul Kediri.

BI Kediri juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui Layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis, seperti alun-alun Ngawi, alun-alun Madiun, alun-alun Blitar, alun-alun Nganjuk, alun-alun Ponorogo, alun-alun Pacitan, Pasar Baru Magetan, Pasar Pon Trenggalek, GOR Lembupeteng Tulungagung dan GNI Kota Kediri. 

Adapun paket yang bisa ditukarkan masyarakat sebesar Rp4.000.000 per orang terdiri dari pecahan Rp50.000/20 lembar, Rp20.000/50 lembar, Rp10.000/100 lembar, Rp5.000/100 lembar, Rp2.000/200 lembar dan Rp1.000/100 lembar. 

"Untuk layanan penukaran uang Rupiah baik melalui layanan penukaran terpadu, BI peduli mudik, dan kas keliling pemesanan penukaran uang melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) : https://pintar.bi.go.id.," papar Rofiq.

BI Kediri mengajak masyarakat untuk semakin cinta, bangga, dan paham rupiah. Hal ini kata Rofiq dapat diwujudkan dengan senantiasa menyayangi rupiah dengan mengenali ciri keaslian uangnya yaitu dilihat, diraba, diterawang (3D), dan merawat rupiah yang dimiliki dengan baik yaitu jangan dilipat, jangan dicoret, jangan diremas, jangan distapler, dan jangan dibasahi (5J). 

"Paham rupiah ditunjukkan melalui perilaku bijak berbelanja sesuai kebutuhan, berbelanja produk dalam negeri untuk dukung UMKM nasional, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," tutup Rofiq.(*)

Tombol Google News

Tags:

BI Kediri Penukaran Uang Baru uang baru Kediri Bank Indonesia Kediri hari ini