Penyintas Gempa Bumi Cianjur Terima Bantuan, 1.100 Rumah Diperbaiki

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

8 Juni 2024 07:15 8 Jun 2024 07:15

Thumbnail Penyintas Gempa Bumi Cianjur Terima Bantuan, 1.100 Rumah Diperbaiki Watermark Ketik
Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto dan Bupati Cianjur, Herman Suherman (07/06/2024) (Foto: dok. Pemkab Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Penanganan gempa bumi Cianjur yang terjadi 2022 lalu terus berlanjut. Kini para penyintas kembali menerima bantuan tahap empat termin pertama di Taman Pancaniti Pendopo Bupati, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Bantuan ini diserahkan Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto secara simbolis yang disaksikan sekitar 500 orang yang hadir di acara tersebut. 

"Alhamdulillah hari bersejarah itu akhirnya tiba, yaitu penyerahan bantuan tahap 4 termin pertama untuk 1.100 rumah rusak ringan, sedang dan berat dari 6 Kecamatan yaitu, Cugenang, Cianjur, Gekbrong, Cilaku, Warungkondang, dan Cibeber," kata Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, Jumat (07/06/2024).

Dikatakan Herman, pengajuan pencairan tahap 4 ini telah diajukan dari tahun lalu, tepatnya Juni 2023. Namun, karena adanya berbagai permasalahan dalam hal data di lapangan sehingga harus dilakukan revisi sebanyak 6 kali.

"Saya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Kepala BNPB tentang progress pengajuan tahap 4 yang sangat nantikan dan juga warga Cianjur harapkan segera dilakukan pencairan," ujarnya.

Dia menyebut total rumah rusak dengan 3 kategori yaitu ringan, sedang dan berat sebanyak 90.000 lebih. Di tahap 4 ini ada sekitar 36.000 lebih bantuan yang dicairkan untuk warga Cianjur.

Foto Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., bersama Bupati Cianjur menyerahkan bantuan bagi penyintas gempabumi secara simbolis (07/06/2024) (Foto: dok. Pemkab Cianjur)Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto bersama Bupati Cianjur menyerahkan bantuan bagi penyintas gempa bumi (07/06/2024) (Foto: dok. Pemkab Cianjur)

Ditambahkan Herman, total bantuan tahap 4 yang dikucurkan adalah Rp818 miliar. Bantuan pemerintah yang dikucurkan untuk pemulihan Cianjur pascagempa cugenang adalah sekitar Rp5 triliun mencakup rumah rusak, sekolah, kantor pemerintahan, lembaga pendidikan dan infrastrukktur. Dan untuk bantuan rumah rusak sejumlah 90 ribu rumah kurang lebih 3.2 Triliun.

"Saya berharap bantuan pemerintah ini dipergunakan sebaik-baiknya untuk membangun rumah tempat tinggalnya masing-masing sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah," imbuhnya.

Dia menuturkan dan berharap agar warga merasakan aman dan nyaman tinggal di rumahnya serta bantuan ini bisa ditambahkan dengan dana pribadi agar lebih baik, lebih kokoh dan nyaman. 

"Akhirnya saya mengucapkan selamat bagi 36.000 lebih warga Cianjur yang masuk tahap 4 dan bisa melanjutkan pembangunan rumahnya masing-masing," tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto Penyintas Gempabumi Cianjur Herman Suherman