Perhatikan Cara Merawat Motor untuk Persiapan Mudik Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

11 Maret 2024 00:04 11 Mar 2024 00:04

Thumbnail Perhatikan Cara Merawat Motor untuk Persiapan Mudik Lebaran Watermark Ketik
Perawatan rutin motor di bengkel. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Memasuki bulan Ramadan selain mempersiapkan fisik dan mental dalam untuk menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya Anda mulai mempersiapkan motor untuk keperluan mudik lebaran tahun ini.

Terutama bagi pengguna motor matic yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat karena pemakaiannya yang praktis dan mudah dibandingkan motor jenis lainnya.

Mempersiapkan motor lebih awal akan memberikan keuntungan agar Anda bisa mendeteksi lebih awal kerusakan di kendaraan Anda. Sehingga kerusakan bisa segera diperbaiki dan tidak merembet ke bagian lain dari motor.

Berikut ini adalah tips merawat kondisi motor matic anda selama bulan Ramadan.

1. Jangan secara mendadak

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebiasaan berkendara yang aman, salah satunya jangan menarik tuas gas secara mendadak pada motor matic. Hal ini akan berakibat buruk pada mesin yang bisa menimbulkan resiko kerusakan.

2. Perhatikan isi tangki bahan bakar

Hal selanjutnya adalah selalu memperhatikan isi bahan bakar anda. Jangan biarkan tangki motor dalam kondisi kosong. Hal tersebut dapat membuat motor mogok dan merusak komponen mesin. Selain itu gunakan bahan bakar berkualitas yang sesuai spesifikasi motor anda, agar performanya tetap terjaga.

3. Periksa oli secara berkala

Oli merupakan salah satu komponen penting dari motor yanv berguna melumasi mesin agar dapat bekerja maksimal. Pastikan oli selalu dalam kondisi baik dan gantilah secara berkala. Jangan lupa gunakan oli standar yang direkomendasikan pabrikan untuk memastikan kualitas terbaik.

4. Aki dan Busi: Perhatian Utama pada Motor Matic Injeksi 

Pastikan aki dan busi dalam kondisi baik agar sistem kelistrikan dan pembakaran motor tetap optimal. Perawatan rutin pada kedua komponen ini akan meminimalisir risiko mogok di tengah perjalanan.

5. Lakukan servis rutin

Hal terakhir adalah jangan lupa untuk melalukan servis rutin di bengkel yang terpercaya. Servis rutin ini berguna untuk menjaga kondisi mesin tetap prima dan juga mampu mendeteksi kerusakan agar tidak merembet ke bahian lain.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan perawatan motor Motor matic servis rutin bengkel Aki busi oli
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1