Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Ngawi, Mas Antok Bagikan Bendera Gratis, Ini Tujuannya

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

1 Juni 2023 13:15 1 Jun 2023 13:15

Thumbnail Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Ngawi, Mas Antok Bagikan Bendera Gratis, Ini Tujuannya Watermark Ketik
Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko atau Mas Antok saat membagikan bendera merah putih gratis ke pengguna Jalan. (Foto: Humas Pemkab Ngawi)

KETIK, NGAWI – Hari Lahir Pancasila di Ngawi diperingati dengan cara yang unik. Sebab, Wakil Bupati Ngawi  Dwi Rianto Jatmiko langsung membagikan bendera merah putih ke pinggir jalan protokol di Ngawi.

Jalan Yos Soedarso dan Jalan MH Thamrin menjadi titik lokasi pembagian bendera kepada masyarakat dan pengguna jalan di Ngawi.

Wabup tak sendiri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ngawi juga ikut membantu membagikan dwi warna kepada masyarakat.

‘’kegiatan ini (pembagian bendera merah putih) sebagai pengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah untuk memerdekakan bangsa Indonesia,’’ kata Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko usai memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pendopo Wedya Graha, Kamis (1/6/2023)

Mantan ketua DPRD Ngawi ini menegaskan pembagian sang saka merah putih kepada pengguna jalan tak berhenti di penringatan Hari Lahir Pancasila, namun akan terus dilakukan hingga peringatan HUT RI ke 78 tahun 2023.

“Pembagian bendera merah putih sebagai upaya membangkitkan semangat 45 pada masyarakat, utamanya generasi muda, agar terus berkibar, karena ini adalah bulan lahirnya Pancasila yang harus menjadi pelecut semangat bagi masyarakat, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya

Mas Antok terang-terangan ingin menggugah kembali semangat nasionalisme di Ngawi. Salah satunya dengan komitmen untuk mengibarkan bendera merah putih pada peringatan hari lahir Pancasila, dan setiap tanggal 1-31 Agustus. Komitmen itu akan terus dilakukan secara rutin tiap tahun.

“Warga kita imbau agar di masing-masing rumahnya mengibarkan bendera merah putih, apalagi nanti saat bulan proklamasi kemerdekaan Indonesia, pasti sebulan penuh, ” paparnya.

D isisi lain, lanjut Antok pembagian bendera merah putih gratis kepada masyarakat Ngawi sekaligus menggerakkan ekonomi kerakyatan. Sebab, bendera yang dibagikan dibeli dari para pedagang bendera di Ngawi.

“Kita beli dari pedagang dan pelaku UMKM yang berjualan bendera merah putih di Ngawi,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan tersebut.

Warga Pitu, Sahroni mengaku bahagia mendapat bendera dari orang nomor dua di Ngawi itu. Apalagi dia bersama anaknya saat menerima  bendera tersebut. Sehingga anaknya setidaknya dapat mengerti arti patriotisme dan nasionalisme.

“Tentu sangat senang sekali dan bangga saya diberi bendera oleh Mas Antok dan akan saya kibarkan di depan rumah,” ujarnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Hari Lahir Pancasila Bagi bendera wabup Ngawi Mas Antok